Home / Kabar Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 - 06:00 WIB

Seribu Menhir Nagari Maek, Bakal di-Festival-kan Juli

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – 50 kota : Usai menyabet penghargaan nasional sebagai situs bersejarah pada ajang Anugrah Pesona Indonesia Award pada 2023 silam, Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan, kembali mendapatkan kepercayaan menjadi pusat festival budaya skala internasional bertajuk Festival Maek 2024.

Rencananya, festival yang dihadiri oleh budayawan dari luar negeri, nasional dan Sumbar tersebut akan digelar pada Juli mendatang.

“Pemerintah Sumbar akan menggelar Festival Maek di negeri seribu menhir. Kini masih dalam tahap sosialisasi dan koordinasi demi suksesnya event yang mengangkat kearifan lokal ini,” terang Ali Hasan, Kepala Bidang Kebudayaan, Kamis (2/5) siang.

Dijelaskannya, Pemprov Sumatera Barat sudah melakukan audensi dengan Pemkab Lmapuluh Kota di ruang rapat Bupati di Sarilamak pada Kamis ( 25/4) lalu.

Baca Juga |  KPU Tangerang Lantik PPS 2024 Se-Kabupaten Tangerang

Festival Maek tersebut, ujar Ali Hasan, terbagi atas 3 bagian kegiatan. Diantaranya pra festival dan festival serta pasca festival. Untuk kegiatan puncak Fesival Maek pada 17 hingga 20 Juli mendatang.

“Festival ini nantinya bisa meningkatkan lonjakan pengunjung ke Nagari Maek dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” kata Ali Hasan.

Untuk kearifan lokal, ujarnya, seluruh kegiatan dipusatkan dan melibatkan anak nagari di Nagari Maek termasuk nantinya pelaksanaan pameran kebudayaan.

“Kita terus berkoordinasi dengan Camat Bukit Barisan, Wali Nagari Maek serta tokoh-tokoh setempat. Nantinya seluruh kegiatan dipusatkan di Maek termasuk juga memanfaatkan rumah warga sebagai sebagai homestay untuk penginapan tamu-tamu. Nanti juga melibatkan siswa di berbagai sekolah di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Ali Hasan.

Baca Juga |  Persiapan Hadapi PTM, Kapolda Jateng Cek Vaksinasi Pelajar di Sukoharjo

Sedangkan, tokoh masyarakat Nagari Maek Irwan sangat mendukung festival kebudayaan di nagari-nya itu. Menurut pria yang akrab disapa Wan Maek itu, nantinya festival kebudayaan sangat berdampak positif terhadap masyarakat di negeri seribu menhir tersebut.

“Bermanfaat secara ekonomi masyarakat dan sekaligus sebagai ajang promosi Maek sebagai nagari peradaban tertua dengan seribu menhir-nya. Mudah-mudahan festival tersebut terselenggara dengan baik,” ujar Irwan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan