Home / Kabar Daerah

Rabu, 29 September 2021 - 13:25 WIB

Siap-Siap, Desa Digital Gorontalo Dilombakan

#Dian Purnama Putra - Penulis

Pertemuan antara Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, bersama Komisi I DPRD Prov Gorontalo dan Diskominfotik Prov Gorontaloo yang membahas tentang desa digital, di ruang vidcon Kantor Bupati Boalemo, Selasa (28/9/2021).

Pertemuan antara Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, bersama Komisi I DPRD Prov Gorontalo dan Diskominfotik Prov Gorontaloo yang membahas tentang desa digital, di ruang vidcon Kantor Bupati Boalemo, Selasa (28/9/2021).

TV Desa – Boalemo : Masih tersisanya 66 desa yang belum mendapatkan akses internet atau blank spot, membuat Provinsi Gorontalo, menyulut lagi semangat untuk mempertandingkan Desa-desa digital yang sudah ada.

“Lomba desa digital ini sebagai bentuk dukungan dari DPRD Provinsi Gorontalo dan Pemprov Gorontalo untuk mewujudkan desa digital di seluruh desa di Provinsi Gorontalo,” jelas Ketua Komisi I A.W. Thalib, saat RoadShow, yang diterima langsung Plt. Bupati Boalemo di Kantor Bupati Boalemo, Selasa (28/9/21).

Semangat untuk mewujudkan keseluruhan dari 734 desa se Provinsi Gorontalo, terkoneksi dengan internet pada tahun 2022 akan ditandai dengan lomba desa digital. Usulan lomba desa digital ini diangkat kembali dalam road show Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo yang didampingi Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo di Kabupaten Boalemo.

Baca Juga |  Operasi OKLLC Satlantas Polres Kudus Temukan Banyak Pelanggar Berlalu Lintas

A.W. Thalib menjelaskan untuk Provinsi Gorontalo, diharapkan seluruh desa sudah terkonek dengan internet pada tahun 2022.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf, menjelaskan, untuk lomba desa digital nantinya akan didukung penuh oleh Diskominfotik

“Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo sangat mendukung untuk mewujudkan program desa digital melalui dukungan anggaran yang diberikan kepada Diskominfotik,” ungkap Masran.

Road show ini akan berlanjut ke beberapa kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, dan Gorontalo Utara.

Provinsi Gorontalo, sebaimana dikutip dari situs PT TELKOM, merupakan Modern Broadband Province pertama di Kawasan Timur Indonesia. Provinsi ini, semenjak bulan Agustus 2019, sudah memiliki Gorontalo Modern Broadband Province yang menggunakan berbagai pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT), dan sekaligus menjadikan Gorontalo masuk sebagai 3 besar daerah di Indonesia yang memiliki speed internet download tercepat, sampai 11,9 Mbps.

Baca Juga |  Desa Adat Buleleng Bagikan Notebook dan Printer 14 Banjar Adat

Sementara itu, beberapa kabupaten di Gorontalo, juga memiliki program untuk mendigitalkan semua desa yang terdapat di wilayahnya. Misalkan saja kabupaten Gorontalo, yang memiliki program 5 tahun mendatang seluruh desa dalam wilayahnya terkoneksi internet dengan baik.

Berita ini 63 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pantau Posko Terpadu Lebaran di Lima Puluh Kota, Alat Berat Standby di Beberapa Titik

Kabar Daerah

HJK ke-183, Gubernur Mahyeldi Yakin Lima Puluh Kota Bisa Jadi Pusat Perekonomian di Utara Sumbar

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar