Home / Kabar Daerah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:42 WIB

Sinergi Pilar Sosial Diperkuat, IPSM Temanggung Gelar Rapat Koordinasi

009 Setiyo Haryono - Penulis

TVDesa – Temanggung: Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Temanggung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pada hari Rabu (22/5/2024) di Aula Dinas Sosial. Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung yang diwakili oleh Fungsional Pekerja Sosial Atik Nurhidayati, Ketua IPSM Jawa Tengah Bambang Edi Wahono, Ketua IPSM Kabupaten Temanggung Setyo Sumaryanto, serta jajaran pengurus dan anggota IPSM, dan bidang Dayasos.

Dalam sambutannya, Atik Nurhidayati menyampaikan bahwa IPSM Kabupaten Temanggung secara rutin mengadakan Rakor dan perekrutan anggota. “Awalnya, kami merekrut 25 anggota PSM yang aktif dalam kegiatan sosial. Namun, karena pandemi dan kebijakan penyesuaian anggaran, kegiatan tersebut mengalami pengurangan,” tuturnya.

Baca Juga |  Pemerintah Kecamatan Suwawa Selatan Gelar Rapat Koordinasi di integrasikan Pelantikan KIM

Lebih lanjut, Atik menjelaskan bahwa di Kabupaten Temanggung sedang dilakukan rintisan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di setiap desa. Puskesos ini akan menjadi pusat data informasi layanan dasar dan perlindungan sosial di bawah kewenangan pemerintah desa atau kelurahan. “Diharapkan pada tahun 2025, Puskesos sudah ada di setiap desa/kelurahan. Kami juga sedang berkoordinasi dengan dinas terkait, terutama pemerintah desa, untuk mengalokasikan anggaran bagi Puskesos,” ungkapnya.

Bambang Edi Wahono, Ketua IPSM Jawa Tengah, dalam kesempatan ini, menegaskan pentingnya sinergi dan penguatan antar pilar-pilar sosial. Ia memandang bahwa peran PSM ke depan harus semakin aktif dalam membantu menangani permasalahan sosial di masyarakat.

Baca Juga |  Tenaga Pendamping Profesional Gelar Rakorkab Custer 2

“PSM membantu tugas pemerintah. Oleh karena itu, diperlukan kepekaan dan kepedulian dari anggota PSM terhadap individu-individu yang kurang beruntung di lingkungannya. Dengan ketulusan hati para PSM dalam membantu masalah kesejahteraan sosial, diharapkan terjalin kepedulian dari pemerintah, khususnya kepada para anggota PSM ini,” pungkasnya.

Rakor ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan dan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan peran dan fungsi IPSM dalam membantu pemerintah menangani permasalahan sosial di Kabupaten Temanggung. Sinergi dan penguatan antar pilar-pilar sosial, termasuk PSM, menjadi kunci untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan adil.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa