Home / Kabar Desa

Senin, 30 Agustus 2021 - 15:46 WIB

Sukaramai Banda Aceh Gelar Musdes RKPG 2022

Ridha - Penulis

Pemerintah Gampong Sukaramai Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh menggelar Musyawarah Gampong membahas tentang Usulan RKPG tahun 2022

Pemerintah Gampong Sukaramai Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh menggelar Musyawarah Gampong membahas tentang Usulan RKPG tahun 2022

TV Desa – Banda Aceh : Pemerintah Gampong Sukaramai, Senin pagi 30 Agustus 2021 menggelar Musyawarah Gampong membahas tentang Perencanaan Kegiatan Pembangunan di tahun anggaran 2022 dengan melibat Tuha Peut, Ulee Jurong dan Pihak Pendamping Desa.

Keuchik Gampong Sukaramai, H. Dharma Sentosa dihadapan peserta musyawarah menjelaskan bahwa ada dua agenda inti yang dibahas pada musyawarah tersebut. “Yang pertama membahas tentang rencana APBG Perubahan terkait pagu ADD yang telah diumumkan oleh Pemko Banda Aceh terbaru dan Rencana RKPG untuk tahun anggaran 2022 mendatang,” jelas Dharma diawal musyawarah.

Dalam Musyawarah tersebut, menurut Dharma, realisasi keuangan Dana Desa di 2021 cendrung membaik terutama pada penyaluran BLT DD hingga bulan ke delapan untuk 120 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Hanya saja, lanjut Dharma, dari 120 KPM BLT DD—kita bisa salurkan untuk 112 KPM. “Sisanya kita akan kita musyawarahkan secara khusus kembali, karena ada KPM yang telah meninggal dunia serta pindah lokasi domisili,” papar Dharma.

Baca Juga |  Wagiem, Wanita berjasa di OKU, Terima Penghargaan Presiden

Sementara itu, Ketua TPG Gampong Sukaramai Zulkarnain menilai peserta Musyawarah saat membahas tentang rencana RKPG Gampong Sukaramai Tahun 2022, secara umum mengajukan usulan yang sama sebagaimana terjadi pada musyawarah akhir 2020 untuk RKPG 2021. “Pada Prinsipnya warga yang hadir dalam musyawarah tadi termasuk TPG, kembali mengusulkan agar kegiatan yang diusulkan pada 2020 untuk 2021 dan di 2021 tidak dianggarkan dapat dinaikkan ulang,” sebut Zulkarnain.

Hal senada dari Tenaga Ahli P3MD Kota Banda Aceh, Fakhrurazi, ST menjelaskan agar RKPG Gampong Sukaramai 2022 bagus, harus merujuk pada dokument RPJM Gampong Sukaramai. “RKPG Gampong Sukaramai di 2022 harus merujuk pada Dokumen RPJM Gampong Sukaramai yang sudah ditetapkan sebelumnya, karena RPJMG adalah satu satunya dokumen perencanaan yang menjadi rujukan dalam setiap pelaksanaan perencanaan gampong. Sementara untuk prioritas penggunaan Dana Desa 2022 kita masih menunggu dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendesa,” sebut Fakhrul yang turut dibenarkan oleh para pendamping desa yang hadir lainnya.

Baca Juga |  3 Desa di Banda Aceh Dapatkan Status Kampung Bebas Narkoba

Untuk Kota Banda Aceh, lanjut Fakhrul, Gampong Sukaramai adalah Gampong pertama yang melakukan musyawarah membahas tentang RKPG 2022. “Gampong Sukaramai adalah Gampong pertama di Kota Banda Aceh yang melakukan musyawarah membahas tentang RKPG 2022,” ungkap Fakhrul.

Berita ini 100 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa