Home / Kabar Daerah

Senin, 12 Juni 2023 - 11:03 WIB

SUMUT dan Lampung Juara Favorit Peragaan di Ajang PENAS KTNA XVI 2023 Padang

Ali Akbar - Penulis

Sumatera Utara dan Lampung Juara Favorit Peragaan di Ajang PENAS KTNA XVI 2023 Padang, Minggu (11/06), di Lanud St. Sjahrir Tabing Padang. (Foto Dok.: IDe Dewi)

Sumatera Utara dan Lampung Juara Favorit Peragaan di Ajang PENAS KTNA XVI 2023 Padang, Minggu (11/06), di Lanud St. Sjahrir Tabing Padang. (Foto Dok.: IDe Dewi)

TV Desa – Padang Pariaman : Penyelenggaraan PENAS KTNA XVI 2023 di Padang Sumatera Barat berlangsung sejak hari Sabtu – Kamis, tanggal 10 – 15 Juni 2023 mendatang.

Beragam acara dilaksanakan, terbagi dalam 6 kelompok kegiatan, yakni: 1) Upacara dan Apresiasi, 2) Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani dan Nelayan, 3) Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, 4) Pengembangan Percontohan dan Kualitas Produksi Agribisnis, 5) Studi Banding, Widyawisasta dan Pagelaran Seni Budaya serta 6) Bidang Kesekretariatan.

Salah satu contoh kegiatan Pengembangan Percontohan dan Kualitas Produksi Agribisnis dengan diadakannya kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil di areal Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Tabing Padang, (11/06) mulai pukul 10.00 – 12.00 untuk sesi pertama dan dilanjutkan dengan sesi kedua mulai pukul 13.30 – 15.30 WIB.

Baca Juga |  Di Nagari Jawi-Jawi, Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Bedah Rumah Senilai Rp32,5 Juta
Alat Springkle Sederhana dari Barang Bekas (Lampung), Minggu (11/06), di Lanud St. Sjahrir Tabing Padang. (Foto Dok.: IDe Dewi)

Beberapa inovasi dan kreatifitas petani utusan dari beberapa provinsi di bidang pertanian tampil dalam acara peragaan tersebut dengan tema “Smart Farming: Pertanian dan Aquakultur Praktis, Tepat Guna dan Ramah Lingkungan”. Seperti asal:

1.Sumatera Barat (Kabupaten Padang Pariaman) berupa alat pembelah dan pembuka pinang, peraga: Alfian dan H. Ali Akbar.
2.Sumatera Utara berupa “Vertikultur Dengan Memanfaatkan Limbah Baglog Jamur Tiram Sebagai Media Tanam Cabe Dengan Sistem Ecoenzim Sebagai Pengurai Dan Makanan Buat Tanaman”, peraga: Hartopo.

3.Lampung berupa “Membuat Springkle Sederhana dari Barang Bekas”, peraga: Samsuri

Peraga Alat Pembelah dan Pembuka Pinang (SUMBAR), Minggu (11/06), di Lanud St. Sjahrir Tabing Padang. (Foto Dok.: IDe Dewi)

Dalam sesi pertama diikuti oleh Group 1, yakni ada 7 provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu. Untuk sesi kedua diikuti oleh Group 2, yakni ada 11 provinsi: Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Baca Juga |  Sungayang, Nagari Pertama di Indonesia Miliki Sertifikat Tanah Ulayat

Usai pelaksaan sesi kedua pada sore hari Minggu (11/06), Ketua Panitia Penyelenggara Peragaan Dina Rosita, SP., M.Si., berkenan mengumumkan 2 buah Tim Pemenang Favorit, untuk sesi pertama berasal dari Provinsi Sumatera Utara dan sesi kedua Provinsi Lampung.

Terdapat 4 Group dalam kegiatan seksi Peragaan, Group 1 dan 2 diselenggarakan pada hari Minggu (11/06), sedangkan Group 3 dan 4 dilanjutkan pada hari Senin (12/06).

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 85 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa