Home / Kabar Desa

Minggu, 9 Juni 2024 - 16:50 WIB

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Aris Nurkholis - Penulis

Aris Nurkholis TAPM Kabupaten Kulon Progo sedang menyampaikan Materi tentang Permodalan BUM Desa/ BUM Desa Bersama pada acara Rapat Koordinasi BUM Desa Bersama BSB Temon dengan Kalurahan, pada Rabu (5/6/24)

Aris Nurkholis TAPM Kabupaten Kulon Progo sedang menyampaikan Materi tentang Permodalan BUM Desa/ BUM Desa Bersama pada acara Rapat Koordinasi BUM Desa Bersama BSB Temon dengan Kalurahan, pada Rabu (5/6/24)

TV Desa News – Kulon Progo: BUM Desa Bersama Bina Sejahtera Bersama (BSB) Kapanewon Temon di tahun 2024 ini akan mendapatkan tambahan modal sebesar 300 juta rupiah. Tambahan modal tersebut berasal dari penyertaan modal kalurahan kepada BUMDesma BSB Temon. Keterangan tersebut disampaikan oleh Supriyati selaku Direktur BUMDesma BSB pada saat acara koordinasi antara BUMDesma BSB dengan Kalurahan se Kapanwon Temon yang diwakili oleh para carik, pada hari Rabu (5/6/24).

“Nilai tambahan modal tersebut didapat dari penyertaan modal tiap Kalurahan sebesar 20 juta rupiah. Sedang jumlah Kalurahan di Kapanewon Temon sebanyak 15 Kalurahan, sehingga total penyertaan modal Kalurahan kepada BUM Desma BSB sebesar 300 juta rupiah.” Terang Supriyati yang menjabat Direktur BUMDesma sejak 2022 silam.

Lebih lanjut dalam keterangannya Supriyati menyampaikan bahwa penyertaan modal kalurahan ini merupakan hasil kesepakatan musyawarah antar kalurahan (MAK) yang digelar di tahun 2023 silam. Dari hasil kesepakatan MAK tersebut selanjutnya tiap Kalurahan menindaklanjutinya dengan menggelar musyawarah penetapan Peraturan Kalurahan tentang Penyertaan Modal kepada BUMDesma Bina Sejahtera Bersama.

Baca Juga |  Dinas PMD Lamsel Lakukan Monitoring Bumdes di Kecamatan Sidomulyo

Sementara itu Aris Nurkholis dari Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kulon Progo menyampaikan apresiasi kepada kalurahan-kalurahan di Kapanewon Temon yang telah berkomitmen melakukan pengembangan usaha BUMDesma BSB melalui dukungan penyertaan modal. “Penyertaan modal kalurahan kepada BUMDema ini merupakan bagian sati dari beberapa prioritas penggunaan dana desa di tahun 2024 ini.” Jelas Aris Nurkholis.

Lebih lanjut Aris Nurkholis mengingatkan kepada BUM Desma BSB untuk menggunakan tambahan modal dari kalurahan tersebut sesuai dengan analisa kelayakan usaha yang telah dibuat dan disepakati dalam musyawarah antar kalurahan (MAK).

“Selain itu juga seluruh kelengkapan administrasi dari penambahan modal kalurahan tersebut agar dipenuhi dan dilengkapi. Salah satu diantaranya adalah harus adanya peraturan bersama lurah tentang perubahan Anggaran Dasar BUM Desma BSB khususnya pada bab atau pasal tentang permodalan BUM Desma, sehingga dengan kelengkapan administrasi tersebut, diharapkan tidak akan terjadi permasalahan dikemudian hari.” Pungkas Aris Nurkholis saat mengakhiri paparan materinya pada acara rapat koordinasi BUMDesma BSB dengan Kalurahan.

Baca Juga |  BUM Desa Masaran Berdikari Gelar Pelatihan Keuangan

Diketahui bersama bahwa penambahan modal kalurahan kepada BUM Desa/ BUM Desa Bersama telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 pada pasal 44 ayat (4) yang berbunyi penambahan modal BUM Desa/ BUM Desa Bersama sebagaimana dimaksud ditetapkan dalam perubahan peraturan desa atau peraturan bersama kepala desa mengenai Anggaran Dasar BUM Desa/ BUM Desa Bersama.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia