Home / Kabar Desa

Rabu, 6 Oktober 2021 - 00:27 WIB

Tambak Garam Sistem Tunnel Andalan Bumdes Sekar Rukun

019 Murtado - Penulis

TV Desa – Kebumen : Panas terasa menyengat di siang hari awal bulan Oktober ini. Wicak (37) tampak sedang mengumpulkan kristal-kristal garam di dalam tunnel yang berada di tepian Pantai Desa Miritpetikusan Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

Wicak adalah pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekar Rukun, yang salah satu bidang usahanya adalah tambak garam sistem tunnel.

Tunnel dalam Bahasa Indonesia diartikan ‘terowongan’. Lebih lanjut tunnel garam bisa berarti sebagai terowongan yang terbuat dari plastik dan dipergunakan sebagai tempat pengolahan air laut menjadi garam.

“Rangkanya terbuat dari bambu petung.” Ungkap Wicak, “Namun yang baru banyak juga yang terbuat dari pipa pralon.”

Bahan atap tunnel terbuat dari plastik Yuvi, sedangkan yang dipakai untuk penampung air laut menggunakan plastik geomembran 0,3 mikron.

Baca Juga |  Pemdes Randupitu Hadirkan Tenaga BPJS kesehatan Atasi Keluhan Masyarakat

Air laut disedot dari sumur yang dibuat di tepi pantai kemudian dialirkan dengan menggunakan pipa pipa ke tunnel-tunnel ini.

“Sumur kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter.” Jelas Wicak, “Tujuannya agar air yang dipakai bersih dari kotoran-kotoran seperti telur kerang.”

Setelah terlebih dahulu ditampung di tandon, air kemudian dialirkan ke tunnel 1,2,3,4,5 untuk penuaan air. Masing masing berfungsi untuk meningkatkan Bome Meter (BE) atau tingkat keasinan air. Untuk mencapai kadar BE berada di level 24, masing masing tunnel membutuhkan waktu 3/4 hari, keseluruhan proses penuaan ini sekitar 15 hari.

“Tunnel keenam ini dipakai untuk pengkristalan.” Tambah Wicak, “Butuh panas terik sekitar 2 minggu full !”

Baca Juga |  Cemilan Khas Desa Suban Jeriji Jadi Peluang Bisnis Yang Menguntungkan
Tunnel tempat pengkristalan garam

Setelah menjadi kristal-kristal putih, garam dipanen ditiriskan kemudian diolah. Garam yang berasal dari tunnel kemudian digiling, di oven, ditambahkan yodium dan dikemas sesuai kebutuhan.
Selain untuk konsumsi, garam produksi Bumdes Sekar Rukun ini bisa dipakai sebagai bahan sabun mandi, kecantikan, spa, juga garam organik.

“Pemasarannya sudah lumayan luas.” Kata Muslikhudin (43) Sekretaris Desa Miritpetikusan, “Yang paling sering Yogyakarta, sampai Jakarta juga.”

Dengan pembinaan dari instansi terkait diharapkan tambak garam sistem tunnel ini menjadi salah satu penambah penghasilan warga masyarakat. Selain itu juga bisa memberikan pemasukan untuk Pendapatan Asli Desa (PAD) Miritpetikusan. (moer)

Berita ini 135 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Daerah

Maksimal memberikan Pengabdian, Kades Elvi titisan Benteng Seleksi Nasional Paralegal Justice Award 2024

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik

Kabar Desa

Pulau Serasan di Serbu Kupu-Kupu Kuning, Fenomena Alam yang Memukau

Kabar Desa

Fenomena Alam, Ribuan Kupu-Kupu Kuning Menyelimuti Pulau Serasan

Kabar Daerah

Gus Halim: Fatayat NU Kunci Penyiapan Generasi Penerus Bangsa