Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 21:25 WIB

Target RKPDes Selesai Tepat Waktu, TPP Ngetos Genjot Progres Desa

Arif717 - Penulis

TV Desa – Nganjuk : Setelah melalui proses panjang yang dimulai dari penjaringan usulan warga, Musyawarah Dusun, Musyawarah Desa Perencanaan Desa hingga pembentukan tim penyusun RKPDes, hari ini Selasa 24 Agustus 2022, tim penyusun RKPDes tahun 2022 dari sembilan desa di Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk Jawa Timur mendapatkan pelatihan penyusunan RKPDes tahun 2022 dari tim Pendamping Desa Kecamatan Ngetos. Masing-masing desa mengirimkan delegasi pelatihan sejumlah tiga orang yang terdiri dari sekdes, operator siskeudes dan satu orang anggota tim penyusun RKPDes.

Pelatihan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. di pendopo Desa Kweden yang merupakan bangunan pendopo tertua di kecamatan ngetos yang dibangun pada awal tahun 80an. “Selamat datang kepada para peserta pembekalan dan pelatihan (penyusunan RKPDes) di cagar budaya desa kami. Ini adalah pendopo desa tertua di kecamatan ngetos, bahkan mungkin di kabupaten nganjuk. semoga pulangnya dari sini nanti membawa bekal yang mumpuni untuk desa kita masing-masing”, kata Ikhsanudin, kepala Desa Kweden saat memberikan sambutan mengawali dimulainya acara pelatihan.

Selain para peserta, hadir dalam acara ini adalah Camat Ngetos ArdiansyaH Winardi, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Ngetos, Agung Basuki, kepala Desa Kweden Ikhsanudin, Kepala Desa Suru Wawan Purnawan, dan TPP Kecamatan Ngetos yang tediri dari PD dan PLD (Ika Puspitasari, Indri Wahyu Listya, M. Ganjar Nugroho dan Muhammad Arif).

Baca Juga |  4 Hari, 1004 Tenaga Pendamping Profesional Jawa Timur, Diupgrade

Camat Ngetos, Ardiansya Winardi menyampaikan agar para peserta tetap semangat dalam menimba pengetahuan dan ilmu yang baru, sehingga pembangunan desa dan masyarakat desa semakin meningkat, terutama dalam perbaikan ekonomi pasca pandemi covid-19. Sementara itu agung basuki, kepala seksi pemerintahan kecamatan ngetos berharap para sekdes yang baru segera bisa beradaptasi dengan semua program yang ada. “Sekalian dalam kesempatan ini saya berpamitan kepada panjenengan semua, bulan ini adalah terakhir saya berada di tengah-tengah bapak ibu semua karena pada akhir bulan ini saya sudah purna tugas. Segala kesalahan yang ada selama ini terjadi, saat kita bersama-sama dalam pemerintahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya” tambahnya. Agung Basuki akan mengakhiri tugasnya sebagai ASN pada akhir Agustus 2021 ini.

Para peserta diberi materi tentang penyusunan dokumen proses RKPDes tahun 2022 yang berbasis SDGs Desa serta pelatihan menyusun dokumen proses RKPDes tahun 2022 secara langsung di tempat. Pemateri memberikan soal serta form-form yang harus diisi oleh peserta pelatihan yang mengacu pada format baru.

Baca Juga |  Desa Negari Miliki TPS Khusus, KPPS, Linmas dan Saksi Semua Perempuan

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mana dokumen RKPDes tidak berbasis pada SDGs Desa, namun tahun ini untuk penyusunan RKPDes tahun berikutnya harus mengacu pada program SDGs yang di dalamnya terdapat delapan belas tujuan capaian yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa.

Dengan antusias tinggi para peserta melahap semua materi yang diberikan oleh Ika Puspitasari dan Indri Wahyulistya, Pendamping Desa Ngetos, baik yang bersifat teori maupun praktek. Diharapkan sebelum akhir bulan september tahun 2021 Dokumen proses RKPDes tahun 2022 sudah disahkan dan sebelum akhir tahun APBdes tahun 2022 pun sudah disahkan, sehingga pada awal tahun kegiatan desa sudah berjalan normal.

Berita ini 123 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik