Home / Kabar Desa

Jumat, 24 September 2021 - 13:56 WIB

Tensi Politik Jelang Pilkades di Lamuru Mulai Panas

024 HARDI MAHENDRAH - Penulis

Camat Lamuru Ramli Marsuki S.Sos., M.Si., didampingi Danramil Lamuru, Peltu Dio Suseno dan Wakapolsek Lamuru Ipda Suaib, S. (Foto : Hardi)

Camat Lamuru Ramli Marsuki S.Sos., M.Si., didampingi Danramil Lamuru, Peltu Dio Suseno dan Wakapolsek Lamuru Ipda Suaib, S. (Foto : Hardi)

TV Desa News – Bone : Puncak pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tinggal sebulan lebih. Seiring dengan itu, Tripika Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone sudah mengidentifikasi sejumlah kerawanan yang perlu diantisipasi.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Lamuru, Jumat pagi (24/9/2021). Rapat dipimpin Camat Ramli Marsuki, S.Sos., M.Si., didampingi Danramil Lamuru, Peltu Dio Suseno dan Wakapolsek Lamuru, Ipda Suaib S. Turut hadir para kepala desa, ketua BPD dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) se-Kecamatan Lamuru.

Pada kesempatan tersebut, camat, Danramil dan Wakapolsek secara bergantian menyampaikan  perkembangan situasi politik yang ada. Terutama sejak pendaftaran bakal calon kepala desa di Lamuru yang berakhir 13 November lalu.

Baca Juga |  Corfergensi Stunting Melalui FGD

“Kami melihat bahwa tensi politik di Kecamatan Lamuru saat ini sudah mulai memanas. Ini yang kita semua perlu mewaspadai potensi konflik di wilayah masing-masing,” jelas Ramli Marsuki

Mengantisipasi kerawanan, ia mewanti-wanti Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) agar mengawal tahapan Pilkades secara ketat. “Jangan biarkan ada celah yang terbuka yang bisa menimbulkan pelanggaran hukum,” tambah mantan Sekcam Lamuru ini.

Salah satu celah yang disebut Ramli Marsuki adalah kelengkapan berkas administrasi calon.  “Ijasah para calon misalnya, untuk keabsahannya tetap lakukan konfirmasi ke sekolah yang menerbitkan ijasa tersebut,” harap Camat Lamuru.

Peserta Rapat Koordinasi Kecamatan Lamuru, Jumat pagi 24/9/2021 (Foto : Hardi)

Menyikapi tensi politik yang mulai memanas, Wakapolsek Lamuru Ipda Suaib S, menekankan, semua elemen masyarakat Lamuru bertanggung-jawab menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca Juga |  Pemdes Tlogoagung Lakukan Pengasapalan Jalan Desa melalui Program BKD

Melalui peserta rapat, Ipda Suaib meminta kepada calon untuk tidak melakukan provokasi atau kegiatan lain yang bisa menimbulkan kerawanan. “Kami sudah menerima laporan-laporan (tidak terulis-red) seperti itu,” katanya.

Senada dengan Wakapolsek, Danramil Lamuru Peltu Dio Suseno berharap, para calon kepala desa  berperan aktif menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Keterlibatan calon kepala desa sangat penting, agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan lancar,” ujar Peltu Dio seraya menambahkan, Kodim 1407 Bone akan mengawal pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bone.***

Berita ini 88 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Menjelang Hari Raya 2024 Pemdes Ngerong Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Dan Perangkat Desa

Kabar Desa

BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Beri Kontribusi PAD Kalurahan Sebesar 34 Jutaan

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024