Home / Kabar Desa

Rabu, 3 Juli 2024 - 18:00 WIB

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa untuk Desa Mandiri dan Sejahtera: Bimbingan Teknis di Puger

TVDesa Jember - Penulis

TVDesa – Jember : Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa secara transparan dan akuntabel, Forum Komunikasi Sekretaris Desa Kecamatan Puger menggelar bimbingan teknis dan sosialisasi bertajuk “Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Penyusunan Perubahan RPJMDes, Penyusunan RKPDes 2025, dan Penatausahaan Keuangan Desa Tahap II 2024”.

Acara yang berlangsung di Pendopo Balai Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, pada hari Rabu (3/7/2024) pukul 08.30 WIB ini dihadiri oleh Camat Puger, Subagiyo, sebagai pembuka acara, dan Pandu, salah satu Tenaga Pendamping Profesional Kecamatan Puger, sebagai fasilitator dan narasumber. Turut hadir pula Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa lainnya.

Narasumber sedang memberikan penjelasan

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, dan Operator Desa dari 12 desa di Kecamatan Puger, termasuk Desa Mojomulyo, salah satu desa pesisir selatan di Kabupaten Jember yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Baca Juga |  Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Melalui metode praktik simulasi, diskusi, dan tanya jawab, aparatur desa dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun dokumen perencanaan dan mengelola keuangan desa dengan baik dan akuntabel. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera.

“Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa secara transparan dan akuntabel,” tutur Camat Subagiyo. “Dengan desa yang mandiri dan akuntabel, diharapkan kesejahteraan masyarakat seluruh desa di Kecamatan Puger dapat meningkat.”

Bimbingan teknis ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan desa yang maju dan mandiri di Kecamatan Puger. Dengan aparatur desa yang cakap dan akuntabel, diharapkan pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan dengan optimal, sehingga tercipta desa yang sejahtera dan berkelanjutan.

Baca Juga |  Desa Curahkalong Salurkan BLT Desa Triwulan II 2023

Dengan terselenggaranya bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur desa di Kecamatan Puger dapat mengelola keuangan desa dengan lebih baik dan akuntabel, sehingga tercipta desa yang mandiri, sejahtera, dan berkelanjutan.

Manfaat Bimbingan Teknis:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur desa dalam menyusun dokumen perencanaan dan mengelola keuangan desa.
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.
  • Mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon