Home / Kabar Daerah

Senin, 7 Agustus 2023 - 19:01 WIB

Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa, Bengkulu Berikan Beasiswa Kuliah S1

#Dian Purnama Putra - Penulis

TVDesa – Bengkulu : Dalam upaya meningkatkan kapasitas aparatur desa, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) meluncurkan program beasiswa kuliah S1 bagi para Kepala Desa dan Perangkat Desa. Program ini merupakan wujud komitmen Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, untuk memajukan desa-desa di wilayahnya.

Sejak September 2023, sebanyak 92 Kepala Desa dan Perangkat Desa dari 9 kabupaten di Bengkulu telah mengikuti program ini. Mereka terdaftar dalam program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa yang diselenggarakan di Universitas Terbuka (UT).

Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, H. R.A. Denni, SH, MM, menjelaskan bahwa program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa. Mengingat, mayoritas Kepala Desa dan Perangkat Desa hanya memiliki jenjang pendidikan SMA.

Baca Juga |  Gubernur Sumbar Apresiasi Semangat Bernagari Anak Nagari Canduang Koto Laweh*

“Melalui program ini, diharapkan para Kepala Desa dan Perangkat Desa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengelola desa. Sehingga, desa-desa di Bengkulu dapat menjadi lebih maju dan sejahtera,” ujar Denni.

Pemilihan UT sebagai perguruan tinggi penyelenggara program ini didasarkan pada sistem pembelajaran jarak jauh yang ditawarkan. Hal ini memungkinkan para peserta untuk tetap menjalankan tugasnya sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa tanpa harus meninggalkan lokasi tempat tinggalnya.

Program beasiswa ini mencakup pembiayaan SPP, modul, dan seminar selama dua tahun. Para peserta diwajibkan untuk memilih jurusan Pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Meskipun kuota awal program ini adalah 100 orang, namun hanya 92 orang yang memenuhi syarat. Denni tidak menutup kemungkinan adanya penambahan kuota di masa depan, dengan persetujuan dari Gubernur dan pihak UT.

Baca Juga |  Gotong Royong Lintas Instansi, Paska Banjir Bandang Bolaang Mongondow

“Program ini merupakan langkah awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pemerintahan desa di Bengkulu. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa,” tutup Denni.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya

Kabar Daerah

Kai Bulang: Inovasi Aplikasi Bantu Asistensi Penyertaan Modal BUMDes di Balangan

Kabar Daerah

Pemprov Sumbar Dukung Penuh Atlit Berlaga di PON Provinsi Aceh dan Sumut

Kabar Daerah

DPMD Konsel Resmikan Klinik BUMDes, Siap Jemput Bola Bantu Kembangkan Desa

Kabar Daerah

BUMDes Berprestasi di Karanganyar, 60 Persen Pendapatan Untuk Desa

Kabar Daerah

Pemkab Badung Gandeng Perumda dan BumDes untuk Beli Gabah Petani dengan Harga Wajar

Kabar Daerah

Tertib Bayar Pajak Kendaraan Tepat Waktu? UPPD Samsat Pati Punya Solusinya!