Home / Siaran Pers

Senin, 10 Juni 2024 - 22:47 WIB

TMMD: Upayakan Cegah Stunting dan Tingkatkan SDM

@ADMIN 1 - Penulis

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) saat menghadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada Jumat (7/6/2024). (Image Courtesy : BKKBN)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) saat menghadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada Jumat (7/6/2024). (Image Courtesy : BKKBN)

TVDesa – Jakarta : Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyatakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu upaya untuk mencegah stunting dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Selain melaksanakan sasaran fisik, tidak kalah penting melaksanakan sasaran non-fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat, seperti bela negara, ketahanan nasional, stunting, posyandu dan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (posbindu PTM), hingga ketahanan pangan dalam rangka membangun dan meningkatkan SDM,” ujar Maruli dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Baca Juga |  Hadapi Perubahan Iklim, Bank Dunia Gelar Diskusi dengan Para Pegiat Desa

Hal tersebut disampaikan Maruli pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada Jumat (7/6).

Ia mengemukakan, program TMMD ke-120 fokus mendukung program pemerintah melalui berbagai kegiatan, mulai dari penanaman pohon hingga rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

“Pada kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024, setiap Satuan tugas (Satgas) TMMD melaksanakan program unggulan KSAD berupa TNI Manunggal Air (pembangunan sumur bor atau pipanisasi), ketahanan pangan, penanaman pohon, penyuluhan stunting, pemberian makanan tambahan untuk bayi, rehabilitasi RTLH dan mandi cuci kakus (MCK), serta pembersihan lingkungan untuk mendukung program pemerintah,” paparnya.

Baca Juga |  Wujudkan Masyarakat Sadar Hukum, Satgas TMMD Ke 114 Gelar Penyuluhan Hukum Dan Kamtibmas

Jenderal Maruli yang juga Penanggung Jawab Operasional TMMD itu menyampaikan, selain pembangunan fisik yang dirampungkan seratus persen, kegiatan TMMD juga merampungkan kegiatan non-fisik seperti sosialisasi penanganan stunting, bakti sosial, dan pelayanan KB gratis.

Pada kegiatan penutupan TMMD tersebut juga dilaksanakan pelayanan KB kepada masyarakat, dengan akseptor yang terlayani sebanyak 15 akseptor kontrasepsi implan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Siaran Pers

Gus Halim Ajak Tokoh Adat Terlibat dalam Pengentasan Daerah Tertinggal

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Dana Desa Pemenang TTGN Bakal Bertambah

Siaran Pers

Dirut LPDP Sebut SDGs Desa Jadi Panduan Pembangunan Komprehensif

Kabar Daerah

Penuh Haru! Momen Saat Tim KKN UIN SAIZU Membersamai Muslimat NU Santuni Yatim Piatu

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Teknologi Tepat Guna Implementasi SDGs Desa Ke-9

Siaran Pers

TTGN Ke-25, Gus Halim: Kolaborasi Pemasaran Kunci Keberlanjutan Teknologi Tepat Guna

Siaran Pers

Kepala BKKBN Minta Kades Perhatikan Sanitasi yang Tidak Layak

Siaran Pers

Gus Halim: Ciri Khas Teknologi Tepat Guna Adalah Kearifan Lokal dan Berkelanjutan