Home / Kabar Desa

Selasa, 7 September 2021 - 01:19 WIB

TPP Blangpidie Abdya Fasilitasi Percepatan Serapan DD Tahap II 2021

Salman Syarif - Penulis

TPP Kecamatan Blangpidie, Abdya melakukan pendampingan memfasilitasi rapat koordinasi percepatan penyerapan dana desa tahap II TA 2021 di Gampong Cot Jeurat, Senin (6/9/2021). (Foto: TV Desa News/Salman)

TPP Kecamatan Blangpidie, Abdya melakukan pendampingan memfasilitasi rapat koordinasi percepatan penyerapan dana desa tahap II TA 2021 di Gampong Cot Jeurat, Senin (6/9/2021). (Foto: TV Desa News/Salman)

TV Desa – Abdya : Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh melaksanakan pendampingan dengan memfasilitasi Pemerintah Gampong (Desa) agar segera mempercepat progres penyerapan dana desa (DD) tahap II APBG TA 2021.

Kali ini, TPP Kecamatan Blangpidie yang terdiri dari Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI), Affan Arafat ST dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Salman Syarif SP, melakukan pendampingan percepatan serapan dana desa tahap II di Gampong Cot Jeurat yang berlangsung di teras Masjid Nurul Huda gampong setempat, Senin (6/9/2021).

Kesempatan tersebut, PDTI Affan Arafat menyampaikan beberapa hal terkait percepatan serapan dana desa tahap II 2021.

Affan menyebutkan, kegiatan infrastruktur merupakan salah satu aspek agar peningkatan serapan penggunaan dana desa tahap II menjadi tinggi.

“Dana desa tahap II yang masuk ke rekening kas gampong, khususnya gampong Cot Jeurat sebesar 40% dengan komposisi dana diluar kegiatan PPKM dan BLT,” sampai Affan dalam rapat koordinasi bersama unsur pemerintahan gampong Cot Jeurat.

Baca Juga |  Dua Kelurahan Kota Palu Menerima 200 Bibit Bambu 

Ia menjelaskan, porsi kegiatan infrastruktur dalam APBG Cot Jeurat sangat mempengaruhi progres serapan dana desa apabila kegiatan tersebut dikerjakan pada tahap II ini.

“Kami dari Pendamping Desa sangat mengharapkan kegiatan infrastruktur dapat dilakukan sesegera mungkin pada tahap II ini. Hal itu untuk menggenjot serapan dana desa kita supaya lebih tinggi,” ujarnya.

Disamping itu, tambah Affan, kegiatan fisik akan menjadi prioritas jika pelaksanaannya menerapkan sistem padat karya tunai desa (PKTD).

Sistem PKTD adalah salah satu program prioritas Dana Desa di Tahun 2021. Sistem ini pada prinsipnya mampu meningkatkan imun ekonomi masyarakat gampong, yakni dengan menyerap tenaga kerja dari anggota rumah tangga miskin (ARTM), masyarakat pengangguran, setengah pengangguran dan kepala keluarga perempuan miskin, serta kelompok masyarakat marjinal.

Selain infrastruktur, lanjut Affan, kegiatan non fisik juga bisa dilaksanakan dengan sistem PKTD, misalnya di Gampong Cot Jeurat yang telah menganggarkan dana desa untuk pekerjaan pembersihan sedimen saluran, selokan, parit, drainase dan gorong-gorong, serta kegiatan pembersihan jalan lingkungan.

Baca Juga |  Pegawai Kantor Setcam Blangpidie Abdya Gelar Yasinan dan Doa Bersama

“Kegiatan-kegiatan non infrastruktur seperti ini segera juga harus dilaksanakan, karena akan sangat bermanfaat untuk mendongkrak ekonomi rumah tangga masyarakat miskin di gampong. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, justru akan sangat membantu mereka. Karena siap kerja dihari yang sama langsung dibayar upah kerja,” paparnya.

Dalam kegiatan rapat koordinasi itu, PDTI dan PLD juga mensosialisasikan kepada pemerintah gampong bagaimana mekanisme dan teknis pelaksanaan kegiatan infrastruktur, serta beberapa kegiatan non infrastruktur yang sudah direncanakan pekerjaannya dalam rencana penggunaan dana (RPD) tahap II 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Keuchik (Kepala Desa), Eri Sofiandi, Ketua Tuha Peut dan anggota, seluruh perangkat gampong Cot Jeurat yang terdiri dari Kaur Perencanaan, Kaur Tata Usaha Umum, Kaur Keuangan dan para Kepala Dusun. (*)

Berita ini 86 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024

Kabar Desa

Berbekal Pelatihan Seni Batik Tulis Akhirnya Menghasilkan Karya Berlabel

Kabar Desa

Revitalisasi Pusat Ekonomi Kalurahan, BUM Desa BMS akan Rehab dan Perluas Pasar Panjul Srikayangan