Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 12:33 WIB

TPP Kabupaten Lampung Barat IST PD PLD Cluster ll

002 Zia Nelwan - Penulis

TV Desa-Lampung Barat: Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) TPP Kabupaten Lampung Barat, menggelar In Cervis Training (IST) ini diberikan kepada pendamping Desa dan pendamping lokal Desa (PLD) cluster II yaitu Kecamatan Balik Bukit dan Kecamatan Batu Brak bertempat di Kantor TPP Kabupaten Lampung Barat, IST dilakukan per cluster dikarenakan menghindari krumunan secara massal ditengah pandemi covid-19, selasa (24/08/2021)

Kegiatan tersebut diikuti oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa yang berjumlah 11 orang dari masing-masing Kecamatan.

Agenda kegiatan mengadakan pelatihan (Edukasi) pengenalan fungsi In Service Training (IST) yaitu untuk pengenalan terhadap aplikasi serta On the Job Training (OJT) bagaimana cara mengaplikasikannya (Praktek).

Baca Juga |  TP PKK Banyuasin Gencar Turunkan Angka Stunting Melalui DRPPA

“Pengimputan aplikasi SDGs berbasis Android sekarang langsung login melalui webb https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id. Untuk penyusunan RKP Tahun 2021 harus berbasis SDGs dengan cara rekapitulasi hasil pendataan SDGs Desa, Gambaran umum kondisi riil, solusi umum perbaikan/perubahan, pengelompokan atas kategori kegiatan perbidang, usulan rencana program/kegiatan dan masalah/kendala implementasi perbaikan”. jelas Zulkarnaen selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) TPP Kabupaten Lampung Barat.

Dalam pembangunan desa dan perdesaan, SDGs Desa dapat dioperasionalisasikan melalui berbagai program dan kegiatan, seperti peningkatan infrastruktur desa, pengembangan desa wisata, utamanya yang berada pada destinasi wisata prioritas nasional seperti desa adat, desa inklusi, desa ramah perempuan dan peduli anak, dan desa sehat dan sejahtera.

Baca Juga |  Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak dinilai oleh Tim Provinsi

Prinsip dan perencanaan pembangunan desa dalam mencapai tujuan SDGs tidak terlepas dari transparan, partisipatif, akuntabel, efektif dan efesien serta resposif gender dan inklusi sosial, jadi prisip ini perlu di menstremingkan keseluruh kebijakan yang dibuat di desa (zia)

Berita ini 74 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Menjelang Hari Raya 2024 Pemdes Ngerong Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Dan Perangkat Desa

Kabar Desa

BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Beri Kontribusi PAD Kalurahan Sebesar 34 Jutaan

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024