Home / Kabar Desa

Kamis, 2 September 2021 - 21:52 WIB

TPP Laksanakan Sosialisasi Permendes No 7 Tahun 2021 Dalam Rapat Musrenbangdes Pulomulya

Bung Harta - Penulis

TVDesa Karawang : Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang. Musrenbang Desa adalah forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran  kegiatan tahunan desa.

Saat ini Musrenbang Desa Pulomulya melaksanakan kegiatan tersebut di ruang Rapat Kantor  Desa Pulomulya pada hari Rabu 1 Agustus  2021. Musrenbangdes merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2022. Dengan mengacu pada RPJM desa yang diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 6 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Baca Juga |  Musdes dan Musrenbangdes Khusus Perubahan RKP Desa TA 2021 Desa Brangol

Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan  musyawarah di tingkat dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa. Pelaksanaan Musrenbang Desa Pulomulya Tahun 2021  ini dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat seperti Pemdes,Tokoh pemuda Karang Taruna, BPD, LPM, Pendamping Desa, dan lainnya.

Dalam kesempatan Musrenbangdes kali ini Maman Selaku Tenaga Pendamping Profesional ( TPP ) Desa Kecamatan Lemah Abang memaparkan sekaligus  melaksanakan sosialisasi atas Permendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2022.

Baca Juga |  Desa Bonedaa Melaksanakan Musyawarah LKPPD dan LPPD Tahun 2022

Saat dikomfirmasi, Maman PLD Kecamatan Lemah Abang mengatakan ada beberapa point penting dalam Musrenbang ini berdasarkan permendes No. 7 Tahun 2021 di antaranya  BLT masih menjadi prioritas untuk tahun 2022, selain itu juga ada Desa Aman Covid, Bumdes dan lain-lain sesuai ketentuan dalam permendes. Harapan saya,dengan diadakannya acara Musrenbang Desa Pulomulya ini diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.” Ungkapnya.

Berita ini 205 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik

Kabar Desa

Pulau Serasan di Serbu Kupu-Kupu Kuning, Fenomena Alam yang Memukau

Kabar Desa

Fenomena Alam, Ribuan Kupu-Kupu Kuning Menyelimuti Pulau Serasan

Kabar Daerah

Gus Halim: Fatayat NU Kunci Penyiapan Generasi Penerus Bangsa

Kabar Desa

Bagikan Pupuk Organik, Cara Tanjung Prapat Upayakan Ketahanan Pangan Desa

Kabar Desa

Optimalkan Pelayanan, Pemdes Ceweng Bangun Kantor Desa Lebih Representatif