Home / Kabar Desa

Senin, 9 Agustus 2021 - 14:50 WIB

TPP P3MD Muna Barat Menggelar Rakor, Ini Materinya

Junaim Laode - Penulis

TV Desa – Muna Barat : Tenaga Pendamping Profesional (TPP) kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Kordinasi Kabupaten di Aula Balai Desa Marobea Kecamatan Sawerigadi ,Senin (08/08/2021).

Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh Laode Muhammad Junaim (Korkab), La Supuri ( TAPM), Jasmanto Anggu (TAPM), La Swandi ( TAPM), Laode Syahruddin Kaeba(TAPM) , Laode Zaitul Radio (TAPM) dan Seluruh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang tersebar di 11 Kecamatan, 81 Desa. Masing- masing TAPM memaparkan tentang progres kegiatan di desa dampingan masing- masing.

Junaim menjelaskan kepada  seluruh TPP se Kabupaten Muna Barat  bahwa Rapat Kordinasi ini merupakan Rapat rutinitas Tenaga Pendamping Profesional untuk menyamakan persepsi tentang Pendampingan serta pembahasan isu-isu dan  kebijakan terkini tentang Desa.

Baca Juga |  Peringati HUT Kabupaten Banyuasin Ke 20, Pemdes Taja Indah Adakan Gotong Royong Bersama

TPP Muna Barat harus memiliki kemampuan sumberdaya manusia yang baik, integritas serta profesionalisme yang harus dijunjung tinggi agar desa yang didampingi melahirkan sebuah desa yang Maju, ,” tegas Junaim.

Rakorkab kali  ini membahas tentang Strategi percepatan salur  BLT DD , strategi percepatan pengajuan DD tahap II,  strategi pengawalan dana Covid -19 serta penajaman  fungsi Pendampingan. Masing- masing Tenaga Ahli memaparkan Materi sesuai dengan PIC .

” Kuncinya Antara data dan fakta harus seiring dan sejalan, setiap saat data harus ter up date , saat ini Kabupaten Muna Barat masih menunggu pencairan BLT DD tahap ke Lima, Enam, Tujuh  setelah itu desa siap mengajukan syarat Pencairan DD tahap ke Dua seperti syarat laporan realisasi dan capaian output tahun 2020, laporan  realisasi penyerapan minimal 50% dan capaian output minimal 35% tahun 2021,perkades penetapan BLT desa,perkades tidak ada KPM BLT desa,surat pengantar dan  daftar desa yang  dimintakan penyaluran hasil cetakan dari onspan ,” tutur Junaim.

Baca Juga |  Mahasiswa IAIN Ponorogo Gelar Penutupan Rangkaian kegiatan Pengabdian

Pada Kesempatan ini Tim Tenaga ahli membuat kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja bersama Pendamping desa  sebagai bentuk komitmen agar tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tercapai dan semoga rakor kali ini bernilai manfaat dan mampu mensukseskan pendampingan demi desa yang lebih baik.

 

 

Berita ini 303 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024

Kabar Desa

Berbekal Pelatihan Seni Batik Tulis Akhirnya Menghasilkan Karya Berlabel

Kabar Desa

Revitalisasi Pusat Ekonomi Kalurahan, BUM Desa BMS akan Rehab dan Perluas Pasar Panjul Srikayangan