Home / Profil

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:10 WIB

Tradisi Merti Desa Bibis Kulon: Melestarikan Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi

#Dian Purnama Putra - Penulis

TVDesa – Solo : Di tengah gempuran modernisasi, masyarakat di Kampung Bibis Kulon, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, masih teguh memegang tradisi Merti Desa. Tradisi tahunan ini diselenggarakan setiap bulan Sura sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Heru Suryono, salah satu tokoh masyarakat sekaligus panitia Merti Desa, acara ini diawali dengan caos dhahar, yaitu tradisi makan bersama warga kampung. Dilanjutkan dengan menguras Sendang Mbah Meyek dan sumur Mbah Bandung pada pukul 07.00 WIB. Sendang dan sumur tersebut dipercaya memiliki air yang suci dan membawa berkah.

Acara kemudian dimeriahkan dengan kirab budaya yang mengelilingi Kampung Bibis Kulon. Kirab ini menjadi simbol pelestarian budaya dan mempererat rasa persatuan antar warga. Puncak acara Merti Desa adalah pagelaran wayang kulit pada malam hari.

Baca Juga |  PMII Rayon Syariah Purwokerto Inisiasi Pesantren Konstitusi Sebagai Upaya Mengembalikan Jati Diri Indonesia Sebagai Negara Hukum

Diah Warih Anjari, Ketua Dewan Pembina Yayasan Diwa yang turut mendukung kegiatan ini, melihat potensi wisata lokal hingga regional dari Merti Desa Bibis Kulon. Menurutnya, dengan pengelolaan yang serius, tradisi ini dapat menjadi daya tarik wisatawan dan meningkatkan pendapatan warga serta daerah.

Lebih dari sekadar tradisi, Merti Desa Bibis Kulon menjadi bukti nyata upaya masyarakat dalam menjaga kearifan lokal di tengah modernisasi. Tradisi ini tidak hanya dilestarikan untuk mengenang leluhur, tetapi juga sebagai wujud rasa syukur dan mempererat rasa persatuan antar warga. Diharapkan ke depannya, tradisi ini dapat dikenal lebih luas dan membawa harum nama Kampung Bibis Kulon, Kota Solo, hingga kancah internasional.

Baca Juga |  Sedekah Bumi Dusun Traseng: Meriahnya Kirab Tumpeng dan Ucapan Syukur atas Hasil Panen

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Menjelajahi Desa Raksasa: Long Sule, Sang Juara Luas di Indonesia

Profil

Ibu PKK Jatijejer Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Bernilai Ekonomis

Profil

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren: Padukan Rasa Syukur, Gotong Royong, dan Semangat Pelestarian Budaya

Profil

Desa Wisata Pentingsari: Dari Dusun Miskin Menjadi Desa Wisata

Profil

Desa Lok Batung: Bukti Nyata Kegigihan Menuju Bebas Stunting

Profil

Semangat Jimpitan Membangun Desa: Kisah Sukses Desa Gunung Makmur

Profil

Water Defender Ponggok: Juru Kunci Keberlangsungan Mata Air

Profil

Pacerakkang: Bukti Nyata Keindahan Kerukunan dan Toleransi