Home / Kabar Pusat

Rabu, 10 Juli 2024 - 18:22 WIB

UIN Goes Global: 5.500 Mahasiswa Membangun Desa di Nusantara

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Jakarta : Semangat pengabdian kembali berkobar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebanyak 5.500 lebih mahasiswanya hari ini resmi dilepas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024. Tak hanya di 237 desa di berbagai penjuru Indonesia, pengabdian mereka kali ini juga melangkah ke kancah internasional, menjangkau 5 negara: Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Malaysia, dan Arab Saudi.

Pelepasan KKN 2024 ini dilaksanakan di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta pada Rabu (10/7) dan dihadiri langsung oleh Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar. Dalam sambutannya, Prof. Asep berpesan kepada para mahasiswa untuk senantiasa menjaga kesehatan, menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, kesantunan, dan keharmonisan dalam berinteraksi dengan masyarakat di lokasi KKN.

Lebih dari sekadar pengabdian, KKN UIN Jakarta 2024 ini mengusung misi kolaborasi dan penelitian. Mahasiswa didorong untuk berkolaborasi dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) dan masyarakat setempat, menghasilkan karya nyata yang bermanfaat, serta melakukan penelitian yang menghasilkan publikasi ilmiah.

Baca Juga |  “ICW: Tahun 2021 Aparat Desa adalah Aparat Paling Korup” Bagian #2

“KKN Internasional sudah siap jalan dan selain nanti ada projek unggulan dari masing-masing kelompok, mereka juga akan melakukan publikasi yang bisa dikolaborasikan dengan dosen pembimbing,” ujar Prof. Ameli, Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta.

KKN UIN Jakarta 2024 juga menjangkau wilayah sekitar kampus, tersebar di 237 Desa atau Kelurahan di 5 kabupaten/kota: Bogor, Tangerang, Lebak, Pandeglang, dan Tangerang Selatan.

Menjelajahi Peluang di Luar Negeri

Bagi para mahasiswa yang gemar menjelajahi dunia, KKN Internasional membuka pintu peluang untuk mengabdi di 5 negara: Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Malaysia, dan Arab Saudi. Di sana, mereka akan berkolaborasi dengan mahasiswa internasional dan berkontribusi pada pengembangan masyarakat di negara tujuan.

Kolaborasi dan Peluang Baru

KKN UIN Jakarta 2024 tak hanya fokus pada pengabdian di desa, namun juga membuka peluang kolaborasi dan program baru. Di antaranya:

KKN Kebangsaan: Mengabdi di Ambon Maluku, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
KKN Moderasi Beragama: Memperkuat toleransi dan kerukunan di Kuningan Jawa Barat.
KKN Bersama PTN Barat: Berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk membangun desa bersama.
Kerjasama dengan BP2MI: Melindungi dan Memberdayakan Pekerja Migran

Baca Juga |  Ribuan Desa di Indonesia, Rentan Perubahan Iklim

KKN UIN Jakarta 2024 juga menjalin kerjasama dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Para mahasiswa didorong untuk mensosialisasikan pelindungan dan peluang kerja migran kepada masyarakat di desa KKN.

“Sebanyak-banyaknya kelompok yang ingin mengajukan program sosialisasi pelindungan pekerja migran kepada BP2MI, kami akan berikan anggaran Rp50.000.000 bagi dengan peserta 200 orang, dan jika peserta sosialisasi mencapai 400 orang maka aka diberikan anggaran Rp100.000.000,” ujar Benny Rhamdani, Kepala BP2MI.

KKN UIN Jakarta 2024: Membangun desa, merajut Nusantara, dan membuka cakrawala dunia. Semangat para mahasiswa menjadi motor penggerak kemajuan, mengantarkan Indonesia dan dunia menuju masa depan yang lebih cerah.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Desa Antikorupsi: Membangun Peradaban Berintegritas dari Pelosok Nusantara

Kabar Pusat

Mendagri Minta Jabar Perkuat dan Tingkatkan Kualitas SDM Desa

Kabar Pusat

BRILiaN dan UNS Berikan Sentuhan Ajaib, 15 Desa Ini Siap Jadi Role Model Desa Unggul

Kabar Pusat

Tangkal Urbanisasi: Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Jadi Kunci

Kabar Pusat

Bakal Bahas Ekosistem Pemasaran, Transaksi TTGN XXV Diharapkan Melonjak

Kabar Pusat

Lindungi Pekerja Desa, BPI Kemendes PDTT dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Kabar Pusat

Gelar Teknologi Tepat Guna, Perkuat Ekosistem Inovasi Desa

Kabar Pusat

RKDD: Wadah Kembangkan Diri dan Desa di Era Digital