Home / Kabar Daerah

Rabu, 18 Januari 2023 - 17:56 WIB

Uji Coba E-TLE Gunakan Drone Di Kudus

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – KUDUS : Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) menggunakan drone di ujicobakan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin (16/1/2023).

Uji coba E-TLE dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah di Jalan Dr Ramelan (Gang 4). Ada dua unit E-TLE drone yang diujicobakan secara bergantian. Kanit VI Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, AKP Tri Afandi mengatakan, uji coba E-TLE menggunakan drone sudah mulai dilakukan secara bertahap di jajaran di Jawa Tengah.

’’Tadi kami uji coba sepuluh menitan. Hasilnya ada dua pengendara yang melanggar aturan lalu lintas,’’ kata Kanit VI Subdit Gakkum Polda Jawa Tengah, AKP Tri Afandi saat di lokasi uji coba.

Baca Juga |  Kapolres Kudus Pimpin Langsung Pengamanan Tanding Persiku VS PPSM

AKP Afandi mengatakan, Kabupaten Kudus menjadi kabupaten ketiga yang menjadi tempat uji coba. Rencananya, selama kurang lebih dua bulan ini, pihaknya akan melakukan uji coba serupa di seluruh Polres yang ada di Jateng.

Terkait dengan sistem tilang elektronik drone itu, Afandi menjelaskan secara umum tak jauh berbeda dengan tilang elektronik sebelumnya. Hanya bedanya pada alat. Drone dinilai bisa lebih efektif dalam menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sebelumnya, Polisi masih menerapkan tilang elektronik dengan menggunakan kamera statis yang ditempatkan pada tiang di sudut jalan. Selain itu, ada juga yang menggunakan kamera ponsel yang dioperasikan oleh anggota secara mobile.

Baca Juga |  Wagub Sumbar nilai perantau punya peran penting kembangkan industri kerajinan

’’Drone ini bisa lebih mobile, menjangkau jarak jauh,’’ ungkapnya.Soal waktu penerapannya, Afandi mengatakan, saat ini masih menunggu arahan dari Direktur Lantas Polda Jawa Tengah. Sementara ini, pihaknya masih terus melakukan uji ciba di berbagai daerah. Di sisi lain, saat ini Polda Jateng hanya punya tiga drone. Sedangkan, Polres-Polres belum memiliki.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kai Bulang: Inovasi Aplikasi Bantu Asistensi Penyertaan Modal BUMDes di Balangan

Kabar Daerah

Pemprov Sumbar Dukung Penuh Atlit Berlaga di PON Provinsi Aceh dan Sumut

Kabar Daerah

DPMD Konsel Resmikan Klinik BUMDes, Siap Jemput Bola Bantu Kembangkan Desa

Kabar Daerah

BUMDes Berprestasi di Karanganyar, 60 Persen Pendapatan Untuk Desa

Kabar Daerah

Pemkab Badung Gandeng Perumda dan BumDes untuk Beli Gabah Petani dengan Harga Wajar

Kabar Daerah

Tertib Bayar Pajak Kendaraan Tepat Waktu? UPPD Samsat Pati Punya Solusinya!

Kabar Daerah

Sandiaga Uno Hadir dan Buka Festival Gunung Slamet 2024

Kabar Daerah

Jateng Replikasi Program Desa Antikorupsi di 372 Desa