Home / Kabar Daerah

Senin, 8 Juli 2024 - 17:57 WIB

Unbrah Berangkatkan 761 Mahasiswa KKN ke Pessel dan Tanah Datar

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Padang : Sebanyak 761 mahasiswa Universitas Baiturrahmah (Unbrah) diberangkatkan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata-University Social Responsibility (KKN-USR) dan KKN Kebencanaan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Tanah Datar. Momen penting bagi mahasiswa Unbrah untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan tersebut turut didukung penuh oleh pemerintah Provinsi Sumbar.

“Mahasiswa KKN harus siap beradaptasi dengan berbagai pandangan dan pola pikir masyarakat, serta bertindak dengan kedewasaan,” ujar Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), saat pelepasan mahasiswa secara langsungĀ  di Auditorium Unbrah, Senin (8/7/2024).

Gubernur Mahyeldi juga berpesan kepada para peserta KKN untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang dimiliki untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

“KKN ini juga merupakan bagian dari proses pembelajaran bagi calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu, manfaatkanlah KKN ini sebaik mungkin untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sebelumnya terkena bencana,” pungkas Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga |  Cuaca Mendung dan Banjir Melawi Terpantau Belum Surut

Rektor Unbrah, Prof. Musliar Kasim, menambahkan bahwa KKN adalah kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengasah diri dan mengembangkan kemampuan dalam berbagai bidang. Beliau mengingatkan agar mahasiswa memanfaatkan waktu KKN dengan sebaik mungkin dan melaksanakan program-program yang terencana, terstruktur, dan terukur.

“Jangan sampai KKN Unbrah ini hanya menjadi ‘Keliling-Keliling Nagari’. Kami telah menyiapkan agenda pelaksanaan KKN dengan laporan harian yang jelas, sehingga hasil KKN ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” tegas Prof. Musliar.

Ketua UPT KKN-SR Unbrah, Edi Suandi, menjelaskan bahwa 721 mahasiswa akan melaksanakan KKN di empat kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu Batang Kapas, Bayang, Sutera, dan IV Jurai. Sementara itu, 40 mahasiswa lainnya akan melaksanakan KKN Kebencanaan di Parambahan dan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Sebanyak 71 dosen pendamping lapangan juga akan terlibat dalam KKN kali ini.

Baca Juga |  Gubernur Sumsel Panggil 400 Orang Tenaga PPEP

Pelepasan mahasiswa KKN-SR dan Kebencanaan Unbrah tahun 2024 ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Unbrah, Maizarnis, para Wakil Rektor dan Dekan Unbrah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Amasrul, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Mursalim, dan tamu undangan lainnya.

Diharapkan KKN ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat di Pesisir Selatan dan Tanah Datar, serta menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif