“Memang di Desa Terusan Mulya ini, potensi yang paling pontensial sekali adalah pertanian, terutama produksi berasnya memang tinggi,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Jumat.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri serta mendampingi Tim penilai dari Provinsi Kalteng, dalam rangka penilaian lapangan lomba desa/ kelurahan tingkat provinsi di Desa Terusan Mulya.

Pihaknya berharap, dengan adanya potensi ini pemerintah desa bisa memaksimalkan dan manfaatkan itu untuk bisa meningkatkan pendapatan hasil desa, salah satunya adalah pengolahan beras atau padi dikelola oleh BUMDes.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Bertolak Ke Jakarta

“Termasuk juga peralatan pertanian dan pengadaan pupuk serta sarana prasarana produksi pertanian. Nah, inikan sebenarnya potensi bagus untuk desa atau BUMDes untuk meningkatkan pendapatan hasil desanya dengan melihat potensi riil yang ada di desanya. Kalau kita bicara pertanian, maka potensi pertanianlah yang harus kita dorong, dikembangkan, dan di manfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat di desanya,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini menambahkan, dirinya sangat menyambut baik serta mengapresiasi Desa Terusan Mulya yang memiliki potensi di bidang pertanian cukup berpotensial.

Baca Juga |  Ini, Potensi Sumbar Sebagai Destinasi Wisata Halal Terkemuka Dunia

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Terusan Mulya, Kusnan mengatakan, di daerahnya yang paling diunggulkan adalah di bidang pertanian.

“Yang paling diunggulkan di desa kami ini adalah beras. Untuk potensinya satu musim itu, kisaran lima ribu ton lebih,” kata Kusnan.

Untuk tahun ini saja, sambungnya, yang sudah selesai tanam itu ada 1.250 hektar.

“Jadi dalam tiga bulan ke depan nanti akan panen, dengan kisaran lima ribu ton itu,” demikian Kusnan.