Home / Kabar Daerah

Rabu, 18 Agustus 2021 - 00:00 WIB

Unik, Anak-anak di Kubu Raya Melaksanakan Upacara HUT RI yang ke 76 di Tengah Kebun Langsat

010 Fandi - Penulis

TV Desa News, Kab. Kubu Raya – Perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 76 Tahun, kali ini agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan Negara Indonesia dan seluruh Negara dibelahan Dunia lainnya sudah dua (2) tahun lebih sedang mengalami pandemi Covid 19 yang tak kunjung reda. Tapi tidak dengan anak-anak di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, uniknya kali ini Rumah Pintar Punggur Cerdas (RPPC) yang terletak di Kecamatan Sungai Kakap, melaksanakan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke 76 Tahun di kebun Langsat dengan melibatkan puluhan anak-anak.

Pengurus Rumah Pintar Punggur Cerdas, Umilia di Sungai Kakap, Selasa (17/8/2021), mengatakan “Alhamdulillah, tahun ini kita bisa melaksanakan upacara HUT kemerdekaan RI yang ke-76, dimana pada tahun ini kami sengaja melaksanakannya di kebun Langsat yang memang saat ini sedang musim panen raya, dengan semangat HUT ke-76 Republik Indonesia, bangsa ini bisa segera bebas dari belenggu COVID-19 dan Indonesia bisa kembali bangkit dan terus tumbuh disegala sektor kehidupan masyarakat, harapannya.

“Kita tentu rindu suasana kemeriahan HUT RI dengan berbagai perlombaan, tanpa harus jaga jarak dan membaur bersama merayakannya. Namun, sudah dua tahun ini kita masih terkungkung oleh pandemi Covid 19 dan semoga ini bisa segera berakhir,” Umilia menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 60 anak-anak dan pengurus Rumah Pintar Punggur Cerdas lainnya, dimana setelah kegiatan upacara tersebut dirangkaikan dengan kegiatan literasi panen buah di lokasi yang sama.

Foto : Pelaksanaan HUT RI ke 76 Tahun di Kebun Langsat

Dia menambahkan, untuk memeriahkan HUT ke-76 RI, pihaknya melakukan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak satu pekan lalu diantaranya kegiatan lapak buku, bahagia bersama forum anak Kubu Raya, sehari berbahasa asing, festival literasi budaya, lomba menganyam bakul, aneka lomba dan dongen, nonton bareng film perjuangan, upacara HUT RI, peluncuran kampung literasi dan wisata literasi buah.

“Melalui kegiatan ini kami harapkan semangat adik-adik kita untuk terus belajar dan terus membaca bisa tumbuh, meski ditengah pandemi. Tentunya berbagai kegiatan yang kita laksanakan semua menerapkan Prokes, agar kita bisa terhindar dari Covid 19. Semula kita akan melaksanakan panen Langsat, dimana anak-anak dan peserta yang hadir bebas untuk memetik langsung Langsat yang ada di kebun ini. Namun, karena tadi pagi hujan gerimis, jadi pohon agak licin, sehingga kita hanya menggunakan galah untuk mengambil buah,” tuturnya.

Buah Langsat termasuk buah-buahan tropis yang hanya akan tumbuh baik diwilayah tropis seperti Indonesia, khususnya di Kabupaten Kubu Raya. Kita seharusnya bersyukur memiliki buah endemik seperti Langsat, karena pada kenyataannya banyak sekali manfaat dan kegunaan buah menyerupai buah duku ini. Langsat adalah satu dari sekian banyak jenis kuliner buah-buahan yang tumbuh dan inilah salah satu keunggulan yang dimiliki dunia tanaman di Kabupaten Kubu Raya. Ketika masyarakat Indonesia mengetahui kelebihan buah sederhana yang luar biasa ini, seharusnya kita mampu memaksimalkan lebih lagi potensi buah Langsat untuk mendukung kehidupan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Foto : Pelaksanaan HUT RI ke 76 Tahun di Kebun Langsat

Dilansir dari berbagai sumber, banyak orang yang belum mengetahui buah langsat. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat mirip dengan buah duku, ketika dilihat sekilas mungkin akan sulit dibedakan. Namun, jika dimakan, rasa buah langsat dan duku memiliki perbedaan jauh. Buah langsat memiliki rasa yang agak asam dan manis. Dari segi manfaat, buah langsat pun tak kalah dengan buah duku, banyak sekali manfaat buah langsat untuk kesehatan. Berikut penjelesan kandungan dan manfaatnya yang terdapat dibuah langsat :

Foto : Pohon Langsat siap Panen

Studi dari Purdue University menjelaskan, ada beberapa kandungan yang terdapat dalam buah langsat yang perlu dipahami, yaitu :

1. Kaya Serat

Buah langsat mengandung serat dalam jumlah yang baik. Sebanyak 100 gram langsat mengandung 0,8 gram serat. Nah, serat ini tentunya baik untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dan berat badan seseorang.

2. Kalori dalam Langsat

Ingin makan cemilan tanpa takut berat badan naik? Nah, buah-buahan menjadi pilihan terbaik. Buah langsat bisa menjadi cemilan sehat yang cukup mengenyangkan. Setidaknya, 100 gram buah langsat mengandung 57 kalori. Selain itu, buah langsat tidak memiliki lemak jenuh sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Kandungan Gula Alami

Buah langsat sangat menyegarkan dan mengandung gula sederhana, fruktosa, dan sukrosa yang mampu membantu meningkatkan energi. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu merevitalisasi melalui elektrolit, mineral, dan vitamin.

4. Sumber Vitamin B Kompleks

Buah langsat ini mengandung sumber vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh. Sebut saja ada kandungan thiamin, riboflavin, niacin, dan folat. Vitamin ini penting karena berfungsi sebagai faktor pendamping untuk membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

5. Mengandung Kalium

Menjadi buah tropis yang berair, ternyata langsat juga mengandung kalium atau potasium dalam jumlah yang baik. Perlu dipahami, kekurangan potasium dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Sebab, mineral ini penting untuk berfungsinya otot, termasuk jantung.

Itulah beberapa kandungan utama dalam buah langsat. Nah, ada kandungan vitamin dan mineral lainnya yang terdapat dalam buah langsat. Diantaranya seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan vitamin C yang menjadi sumber antioksidan juga terdapat dalam buah langsat.

Foto : Buah Langsat yang siap dijual kepasaran

Sedangkan dilansir dari berbagai sumber manfaat dari buah langsat adalah sebagai berikut :

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Buah langsat dapat kamu jadikan pilihan untuk dikonsumsi ketika sedang program diet menurunkan berat badan. Buah langsat mengandung serat yang tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol sehingga baik untuk diet. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat buah langsat untuk menurunkan berat badan, harus perhatikan jumlah kalori yang kamu konsumsi. Hal ini karena dalam 100 gram langsat mengandung kurang lebih 57 kilo kalori, lebih rendah dibandingkan dengan buah duku.

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Langsat tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol didalamnya, sehingga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kadar serat tinggi, terutama serat larut air, sangat efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Serat ini akan menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh kamu.

3. Menjaga Metabolisme Tubuh

Buah langsat merupakan sumber vitamin B kompleks, meliputi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan folat. Vitamin B kompleks tersebut berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan juga protein. Selain itu, kandungan vitamin B2 yang tinggi juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Buah langsat dapat membantu mengontrol kolesterol, yang merupakan salah satu dari faktor risiko munculnya penyakit kardiovaskular.  Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.

5. Mencerahkan Kulit

Manfaat dari buah langsat untuk kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Ini karena beberapa produk perawatan kecantikan telah lama menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya. Buah dengan nama ilmiah lansium domesticum mengandung vitamin C yang terbukti efektif mencerahkan kulit wajah. Selain itu, ekstrak buah langsat dapat menghambat kerja enzim tirosinase, yang dapat membuat kulit menjadi gelap sehingga kulit kamu akan lebih cerah.

6. Buah Langsat mengandung Antioksidan

Pengaruh lingkungan yang penuh radikal bebas, seperti sinar UV matahari, asap rokok, dan polusi udara yang sering kamu hadapi setiap hari dapat berdampak buruk bagi kulit. Tidak hanya bikin wajah tampak kusam, tetapi juga memicu penuaan dini. Ekstrak buah langsat mengandung antioksidan alami yang bermanfaat dalam membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Membuat penampilan kamu jadi tampak sehat, cantik dan awet muda.

7. Sumber Serat Alami

Serat merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting untuk mendukung sistem pencernaan. Adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah langsat, membuat manfaat langsat dapat membantu mengatasi gejala atau mencegah terjadinya sembelit. Pada setiap 100 gram buah langsat mengandung 2 gram serat. Jumlah ini dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat pada wanita dan 6-8% kebutuhan serat untuk pria.

Itulah manfaat buah langsat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kamu. Ternyata, dibalik rasanya yang asam dan manis, buah ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 51 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif

Kabar Daerah

Dana Desa Sampang 2024: Kucuran Dana Fantastis untuk Bangun Desa

Kabar Daerah

Percepatan Penanganan Dampak Bencana Sumbar : Misi Gempuran Gubernur Mahyeldi ke BNPB

Kabar Daerah

Jalan Padang Panjang-Sicincin Ruas Lembah Anai Kembali Dibuka, Sistem Buka Tutup diberlakukan

Kabar Daerah

254 Desa di Lombok Timur, Kembangkan Homestay untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kabar Daerah

BNN Belu Gandeng 30 Kades Bersinar Cegah Narkoba di Perbatasan RI-Timor Leste