Home / Kabar Daerah / Kabar Desa

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 11:37 WIB

Upacara Adat Sidekah Kupat Di Dayeuhluhur Cilacap

006 Rama Wijaya - Penulis

Acara Ritual Sidekah Kupat

Acara Ritual Sidekah Kupat

TV Desa – Cilacap : Pada hari jumat, 1 Oktober 2021 Empat Desa di kecamatan Dayeuhluhur melaksanakan Upacara adat Sidekah Kupat yaitu Desa Matenggeng, Cilumping, Cijeruk, Bolang. Adat istiadat yang dimiliki setiap daerah yang ada di negara kita tercinta Indonesia ini bukan semata mata hanya untuk kepentingan adat atau keseharian dari pemiliki budaya itu sendiri. Namun adat istiadat tersebut juga sering kali digunakan sebagai alat atau cara untuk menunjukkan rasa syukur kepada sang pencipta yang sudah memberikan hidup kepada seluruh penghuni dunia ini.

Ibu-ibu Sedang Menyiapkan Kupat

Sebut saja seperti masyarakat Sunda, khususnya Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang-Cilacap mereka memiliki sejumlah cara untuk mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu dari acara adat yang sering digelar sebagai ucapan rasa syukur tersebut adalah dengan cara menggelar upacara “ Sidekah Kupat” sebuah tradisi ciri khas Masyarakat Sunda Desa-desa di kecamatan dayeuhluhur, Wanareja, Majenang yang di selenggarakan setiap tahun pada rabu wekasan dan minggu terakhir di bulan safar.

Baca Juga |  Poktan Durian Siamih Olah Pepaya Jadi Produk Ekonomi Kreatif

Menurut Sejarah dan budayawan asal dayeuhluhur kang Ceceng Rusmana Sidekah Kupat adalah acara Adat Masyarakat Sunda Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang Kabupaten Cilacap, dimana sesaji atau hidangan utamanya adalah Ketupat.

Prosesi Acara Oleh Tokoh Budaya

Menurut legenda dan sejarahnya, sidekah kupat adalah untuk memperingati datang atau lewatnya pasukan perang Prabu Siliwangi yang dahulu sekitar 500 tahun lalu datang ke Kerajaan Dayaluhur.
Maka masyarakat Dayaluhur oleh Raja Gagak Ngampar disuruh untuk menyediakan kupat di setiap batas desa yang dilewati Prabu Siliwangi.

Acara Kebersamaan Masyarakat Desa

Setiap daerah tentunya memiliki ritual dan acara tersendiri yang memiliki ciri khas dari daerah tersebut. Contohnya Masyarakat sunda dayaluhur Cilacap dari berbagai elemen masyarakat yang masih kental dengan adat budaya sebagai bentuk rutinan mereka melaksanakan upacara sidekah kupat di setiap batas desa yang dilaksanakan hampir 72 lokasi batas desa-desa yang masih memegang kuat adat sidekah kupat. Acara ini juga sebagai bentuk : Nguri nguri (melestarikan) adat masyarakat sunda dayaluhur, sebagai bentuk Tasyakuran Masyarakat Desa pada yang Maha Kuasa.

Berita ini 293 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

SMP Negeri 2 Kendal Ngawi ( ESPERO ) Gelar Podok Ramadan 1445 H

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Minta Seluruh Pihak Bersinergi dan Merespons Cepat Kejadian Bencana Lahar Dingin di Agam dan Tanah Datar*

Kabar Daerah

*Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pedagang dan Pembeli Cermati Tanggal Kadaluwarsa Produk Makanan dan Parsel Lebaran*

Kabar Daerah

Ulangi Kesuksesan Tahun Lalu, Gubernur Mahyeldi dan Kapolda Suharyono Resmikan Pemberlakuan Sistem One Way Padang-Bukittinggi untuk Urai Kemacetan Lebaran*

Kabar Desa

Menjelang Hari Raya 2024 Pemdes Ngerong Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Dan Perangkat Desa

Kabar Daerah

Solusi untuk Berbagai Persoalan Umat, Gubernur Mahyeldi Imbau Pembayaran Zakat dan Infak Disegerakan*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Ajak Seluruh Pihak Menciptakan Suasana Lebaran yang Berkesan di Sumbar*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Berbincang Intensif dengan CEO Al Khair Investment terkait Rencana Investasi Real Estate di Sumbar*