Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:56 WIB

Upaya Desa Karyamulya Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Pegiat Desa - Penulis

TVDesa-Kabupaten Ciamis : Berbagai pelatihan untuk memberdayakan ekonomi masyarakatnya, digelar Pemdes Karyamulya, dalam rangka upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, mengambil alokasi pendanaan dari Dana Desa.

Pemerintah Desa Karyamulya yang terletak di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat merupakan Desa yang paling muda di Kecamatan Cisaga hasil pemekaran dari Desa Wangunjaya, namun tingkat perkembangannya begitu pesat dengan bangunan kantor Desa nya yang begitu megah.

Kantor Pemerintah Desa Karyamulya

Dalam situasi pandemi Covid 19 yang menghancurkan berbagai sektor kehidupan masyarakat termasuk dalam hal ini adalah perekonomian masyarakat tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Desa dalam upaya mengayomi masyarakat supaya dapat meminimalisir dampak langsung maupun tidak langsung dari penerapan PPKM yang tengah di galakan pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid 19.

Pemdes Karyamulya melalui Dana Desanya membuat program-program yang tentunya mampu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak langsung dari adanya PPKM ini dengan menggelontorkan Dana Desa dari mulai penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Revitalisasi peran BUMDesa dan Pelatihan-pelatihan  kelompok masyarakat melalui pemberdayaan baik di bidang pertanian maupun peternakan yang sesuai dengan tingkat matapencaharian masyarakat Desa Karyamulya.

Baca Juga |  Senam Pagi Ibu Ibu Desa Gedangan

Sebagaimana yang di laksanakan hari Selasa, 24 Agustus 2021 yang bertempat di Aula Desa Karyamulya tengah di adakan kegiatan “Pelatihan Budidaya Ikan Mujair / Nila” dengan Narasumber dari Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Kementrian Kelautan dan Perikanan Ibu Eti Rohaeti, A.Md dan Bpk. Aan Supriatna.

Kelompok Perikanan yang beranggotan 25 orang ini di berikan pembekalan tentang bagaimana budidaya ikan yang baik dan cara menanggulangi penyakit dan hama yang dapat menyerang ikan, kelompok juga di bekali cara pemanfaatan pakan dan berbagai hal dalam upaya penggemukan ikan.

Selain pembekalan pelatihan pemdes juga memberikan modal benih ikan dan pakan untuk di kelola bersama kelompok sehìngga total anggaran yang alokasikan adalah sebesar Rp. 61.080.000.

Sebelumnya Pemdes Karyamulya juga melakukan pelatihan-pelatihan yang serupa seperti Budidaya Ternak Domba, Ayam Petelur dan Budidaya Tanaman Jagung. Kelompok tersebut di bekali pelatihan dan diberikan modal benih dan sarana penunjangnya.

Baca Juga |  Pemdes Suciharjo Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap 1-3

“Dengan banyaknya pelatihan-pelatihan kelompok tersebut diharapkan masyarakat akan berdaya dan mandiri sehingga mampu pulih ekonomi tentunya serta mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat” pungkas Teti Rossini yang juga sebagai Kasie Pelayanan dan Pelaksana Kegiatan.

Sementara Kepala Desa Karyamulya, Bpk Dudung menyampaikan dalam kegiatan pelatihan tersebut bahwa dirinya tidak akan ragu memberikan Anggaran untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan asalkan kelompok tersebut amanah dalam menjalankan usaha yang saat ini di gulirkan oleh pemerintahan Desa Karyamulya.

Saat ini pula Pemdes Karyamulya tengah membangun Kios usaha BUMDesa sebagai bentuk keseriusan Pemdes Karyamulya dalam upaya peningkatan PAD dan Ekonomi masyarakat. Saat ini progres pembangunan kios sudah mencapai 60% dan diperkirakan akan rampung 2 minggu kedepan.

Pembangunan Kios BUMDesa Bumi Rahayu
Berita ini 245 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar

Kabar Daerah

Pemkab Biak dukung penggunaan dana desa cegah stunting anak

Kabar Desa

Seorang Perangkat Desa di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang sukses usaha Bakso Prasmanan

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki