Home / Kabar Desa

Minggu, 22 Agustus 2021 - 22:27 WIB

Upaya KPM dalam Penurunan angka Stunting desa Banjarejo

016 Arman - Penulis

TV Desa – Pringsewu : Strategi Penurunan Angka Stunting Pekon Banjarejo kecamatan Banyumas kab pringsewu lampung, Hadir ketua TPPKK pekon Banjarejo, Bidan Desa, ketua KPM, Kader Posyandu, Kader PAUD serta Pendamping Desa. Dalam Upaya penurunan angka stunting di pekon Banjarejo yang saat ini merupakan Lokus di kabupaten pringsewu karna anak stunting di pekon Banjarejo mencapai 32 anak, kader pemberdayaan masyarakat ( KPM) melaksanakan Forum Diskution group (FDG) yang bertempat di Rumah desa Sehat (RDS) setempat. ( 20/8/2021)

Forum Diskusi gruop merupakan langkah awal guna menurunkan angka stunting di desa hal ini di sampaikan oleh Pendamping desa Hendra Aditia (PD)

Baca Juga |  Cegah Buang Sampah di kali Item, Pemdes Pisangan Jaya Pasang Plang Larangan

Tujuan di adakannya diskusi untuk menggali gagasan dari masing – masing Kader guna menangani Stunting serta strategi dalam pelaksanaan penanggulangan stunting. Lima paket layanan konvergensi stunting adalah.1 Kesihatan ibu dan anak. 2 konseling gizi. 3 pengadaan air bersih. 4 perlindungan sosial serta 5 layanan PAUD. Hasilnya akan di jadikan rujukan rembug stunting untuk di bawa ke musyawarah desa agar masuk dalam perencanaan desa.

Didit ( nama panggilan) dalam diskusi juga menambahkan penanganan stunting merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana desa sesuai permendes no 13 tahun 2020, serta PP 72 terkait strategi konvergensi stunting.

Terdapat beberapa rencana hasil dari FDG yaitu.. Pemberian Makanan Tambahan. Pemberian Nutrisi, konseling gizi, pengadaan sarana posyandu dan PAUD, serta Sosialisasi rutin lima paket layanan penanganan stunting dengan cara memasang Bener di setiap tempat umum desa.

Baca Juga |  BUMDes Cindelaras-Bandungharjo, Talangi Pajak STNK Warganya

Suherni ( ketua PKK ) ikut mendukung dalam aksi penurunan angka stunting di pekon Banjarejo ” Kami akan sering sosialisasi betapa pentingnya lima paket layanan stunting terhadap masyarakat ” Suherni dalam hal ini juga menghimbau terhadap masyarakat agar bersama – sama menurunkan angka stunting di pekon Banjarejo.

 

Berita ini 151 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Menjelang Hari Raya 2024 Pemdes Ngerong Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Dan Perangkat Desa

Kabar Desa

BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Beri Kontribusi PAD Kalurahan Sebesar 34 Jutaan

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024