Home / Kabar Daerah

Senin, 20 November 2023 - 15:58 WIB

Upaya Nyata Pemkab Banyuasin Tekan Inflasi dan Dorong Ekonomi Kreatif

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Banyuasin: Dalam rangka memerangi inflasi dan menggeliatkan ekonomi kreatif, Pemerintah Kabupaten Banyuasin di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati H. Hani Syopiar Rustam, SH terus menunjukkan langkah nyata. Berbagai upaya dilakukan, termasuk menggelar operasi pasar murah, meninjau pelayanan publik, dan mendorong geliat UMKM.

Pada hari Senin (20/11), Pj. Bupati Hani Syopiar Rustam melakukan pemantauan langsung di Halaman Kantor Camat Talang Kelapa. Di sana, beliau meninjau pelaksanaan Operasi Pasar, Pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD), Stand UMKM, dan Pelayanan Kesehatan.

Operasi Pasar dan Bazar UMKM perdana telah dilaksanakan pada tanggal 7 November di Graha Sedulang Setudung. Kegiatan ini melibatkan 21 Kecamatan dengan para pelaku UMKM dan UP2K PKK. Tujuannya adalah untuk mewujudkan ekonomi kreatif dengan produk yang berdaya saing tinggi dan bernilai jual tinggi.

Operasi Pasar di Kecamatan Talang Kelapa menawarkan 1 Paket Sembako yang terdiri dari 5 kg beras dan 1 kg minyak goreng dengan harga Rp 69 ribu. Berikut beberapa harga komoditas lainnya:

Bawang Merah: Rp 23 ribu/kg
Cabe Setan: Rp 80 ribu/kg
Cabe Merah Keriting: Rp 70 ribu/kg
Gula: Rp 15 ribu/kg
Minyak Goreng 2 liter: Rp 28 ribu
Daging Sapi: Rp 97 ribu/kg
Daging Kerbau: Rp 80 ribu/kg
Ikan Patin: Rp 20 ribu/kg
Ikan Lele: Rp 20 ribu/kg
Menurut H. Hani Syopiar Rustam, operasi pasar murah ini bertujuan untuk menekan laju inflasi, mengendalikan harga, dan menjaga stok barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, cabe, dan bawang merah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemkab Banyuasin untuk menekan harga pangan yang naik tinggi dan bahan pokok lainnya.

Baca Juga |  Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Karnaval HUT Ke-78 RI Kecamatan Songgom

“Operasi pasar ini rutin dilakukan selama 3 minggu berturut-turut,” jelas Pj. Bupati. “Tujuannya untuk membantu masyarakat Banyuasin mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Ini juga berkontribusi pada inflasi nasional. Masih ada 7-8 titik operasi pasar yang akan dilaksanakan ke depan. Intinya, Pemkab Banyuasin selalu hadir melayani masyarakat dengan menyediakan pangan murah seperti hari ini, cabe dijual setengah harga dibandingkan harga pasaran.”

Pj. Bupati Hani juga menghimbau kepada seluruh OPD, Camat, Lurah, dan Kades untuk mencari langkah-langkah dalam menurunkan inflasi daerah. Beliau mengajak masyarakat untuk menerapkan program menanam sayuran, baik dalam skala besar maupun kecil, di pekarangan rumah, pot, polibag, dan lain-lain. Hal ini sejalan dengan program Gemar Menanam Sayur (Gertas) yang digagas Pemkab Banyuasin.

Baca Juga |  Luar Biasa, DPRD Nisel Bersama Warga Desa Lahusa Fau Gelar Gotong Royong Timbun Jalan

Antusiasme masyarakat terhadap operasi pasar ini sangat tinggi. Semua paket sembako ludes diborong oleh warga Kecamatan Talang Kelapa. Kehadiran operasi pasar ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan menjaga stabilitas harga.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan bahan pangan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Pj. Bupati.

 

Operasi Pasar akan dilaksanakan di 10 lokasi, yaitu:

Kantor Camat Talang Kelapa
Gedung Majelis Taklim Kecamatan Betung
Kelurahan Mariana Kec. Banyuasin l
Desa Sungsang l, Kec. Banyuasin ll
Kantor Camat Suak Tapeh
Kelurahan Pangkalan Balai, Kec. Banyuasin lll
Desa Sungai Pinang, Kec. Rambutan
Kantor Camat Tanjung Lago
Pasar Kuliner Kabupaten Banyuasin
Kantor Camat Tanjung Lago
Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan OPD terkait, pihak Kecamatan, Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel, dan distributor seperti PT. Sungai Budi, CV. Amirsya, dan lain-lain.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 18 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

10 Desa Wisata Terbaik Labuan Bajo Ikuti Pelatihan Beti Dewi

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Hadiri Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia*

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS