Home / Kabar Desa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:56 WIB

Mancing Ikan Gabus Emas, Warga Desa Sri Gunung Heboh

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Musi Banyuasin: Seekor ikan gabus bewarna emas terang menghebohkan warga Desa Sri Gunung Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba.
Ikan seberat 500 gram tersebut merupakan hasil tangkapan warga bernama Alfian yang memancing di Embung (Empang) sekitaran desa.

Warga Dusun 3 desa Sri Gunung ini pun dengan sigap menaruh ikan yang khas dengan kepala bentuk ular ini dalam sebuah akuarium kaca.

Tak hanya itu, Alfian pun ibarat mendapat jackpot, sebab selain mendapat ikan gabus emas besar, dirinya juga menangkap anak gabus tersebut yang ikut tersedok saat dipancing.
“Saya mancing sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (19/8/21) di embung pakai umpan ikan sepat kecil. Saat tahu dapat ikan gabus warnanya emas langsung saya simpan dan ambil beserta anak ikan yang mengikutinya,” ujarnya.

Baca Juga |  Kembangkan Arsip Digital, Tim Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Desa Randugunting Gelar Pelatihan E-Arsip

Ia mengaku selain mendapat gabus betina, ia juga sempat mendapat ikan gabus jantan namun bewarna hitam. “Sayangnya ikannya langsung lepas, jadi belum sempat diamankan,” ungkapnya.

Dirinya pun tak berniat menjual ikan hasil tangkapannya tersebut. Bahkan ia akan menambah oksigen dan hiasan lain dalam akuarium tempat menampung gabus emas.

“Sudah banyak yang melihat ikan emas ini di embung, namun belum berhasil menangkapnya. Maka itu saya mencoba memancingnya dan ternyata mudah saja,” terang Alfian.

Sementara itu, Kades Sri Gunung Iwan Harianto mengatakan sangat jarang ikan gabus masuk akuarium. Namun berhubung ikan tangkapan Alfian ini langka dan bewarna emas maka dipelihara. “Jarang masuk akuarium, biasa masuk kuali jadi pempek,” selorohnya.
Ia menambahkan, sudah banyak yang menawar ikan gabus emas ini dengan harga fantastis. Bahkan ada juga yang berani menukar dengan motor antik.

Baca Juga |  Gatotkaca Jadi Ratu, Puncaki Semarak HUT RI Kelurahan Kanigoro Blitar

“Namun dari pengakuan Alfian, dia ingin pelihara dulu ikan langka tersebut. Semoga saja menjadi berkah bagi saya dan keluarga,” jelasnya.(*)

Berita ini 127 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024

Kabar Desa

Berbekal Pelatihan Seni Batik Tulis Akhirnya Menghasilkan Karya Berlabel

Kabar Desa

Revitalisasi Pusat Ekonomi Kalurahan, BUM Desa BMS akan Rehab dan Perluas Pasar Panjul Srikayangan