Home / Kabar Daerah

Jumat, 17 Maret 2023 - 00:44 WIB

Wahyudi : DPD KNPI Natuna Usulkan Pemberdayaan Pemuda Dalam Musrenbang Natuna

010 Fandi - Penulis

Wahyudi Perwakilan dari  KNPI Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kab. Natuna di Gedung Sri Srindit, 16/3-2023

Wahyudi Perwakilan dari KNPI Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kab. Natuna di Gedung Sri Srindit, 16/3-2023

TV Desa News – Natuna : Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Musrenbang tingkat Kabupaten tahun anggaran 2023 di Gedung Sri Srindit Ranai, Kamis (16/03). Acara ini dibuka langsung oleh Sekda Natuna, Boy Wijanarko. Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bertujuan untuk menyusun program pembangunan dalam jangka menengah. Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D). Musrenbang kali ini mengusung tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Penguatan Tata Kelola Pemerintah dan didukung dengan Akselerasi Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana Musrenbang tahun 2023, Mustafa yang juga kepala BP3D menjelaskan, “Musrenbang ini digelar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, kegiatan ini wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, serta Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah”, paparnya.

Baca Juga |  Musrenbangdes Desa Jangglengan Libatkan Perantau

Mustafa melanjutkan, “maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari stakeholder guna kesempurnaan rancangan RKPD. Sedangkan tujuan dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Natuna tahun 2023 ini adalah untuk membahas Rancangan RKPD Kabupaten tahun 2024“.

Musrenbang Kabupaten Natuna Digelar Fokus Pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Ranai, 16/3-2023

Pada saat sesi penerimaan usulan dari stakeholder, Wahyudi yang juga sebagai Wakil Bendahara DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengusulkan 4 prioritas peran pemuda serta kegiatan yang berkaitan dengan pemuda sebagai prioritas dalam program pembangunan yaitu :

  1. Latihan Dasar Kepemimpinan,
  2. Pendidikan dan Latihan Pemuda Tanggap Bencana,
  3. Pelatihan Wirausaha Muda, dan
  4. Kajian Kabupaten Layak Pemuda.
Baca Juga |  Perayaan 1 Muharram 1444 Hijriah di Serasan Timur, Momentum Umat Islam Untuk Perubahan Yang Lebih Baik

Menanggapi hal tersebut, beberapa pihak, “mengapresiasi peran aktif dari KNPI dan mengatakan bahwa usulan tersebut sangat relevan dengan kebutuhan pembangunan di Kabupaten Natuna, karena program pembangunan yang ditujukan untuk pemuda serta kegiatannya  akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat”.

Menurut Yudi sapaan akrab dari wakil bendahara DPD KNPI Natuna, “4 usulan yang diajukan tadi akan membantu pemuda di Kabupaten Natuna untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kualitas dan integritas yang tinggi. Selain itu, program wirausaha akan memberikan kesempatan kepada pemuda untuk mengembangkan keterampilan dan potensi dirinya dalam bidang usaha, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian daerah“.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 135 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya