Home / Kabar Daerah

Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:59 WIB

Wakili Kapuas, Desa Terusan Mulya Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Kapuas : Usai meraih kemenangan dalam ajang lomba desa tingkat kabupaten Kapuas tahun 2024, Desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh diikutsertakan kembali mengikuti lomba sejenis ke tingkat provinsi. Beberapa aspek yang dinilai antara lain, pemerintahan desa, pelayanan desa, sarana prasarana pendukung, pemberdayaan masyarakat, termasuk juga dukungan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ini menjadi bagian penilaian oleh pemerintah provinsi atau Tim Penilai lomba desa. Kami berharap, dari penilaian ini akan menjadi pedoman evaluasi bagi kami pemerintah daerah setempat untuk memotivasi desa-desa yang ada di daerah agar dapat bekerja lebih maksimal,” kata Budi Kurniawan, Kadis PMD Kapuas, saat mendampingi kunjungan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ke Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Jum’at.

Baca Juga |  Ganjar Kunjungi RS Kariadi Pastikan Pelayanan Pasien Tidak Terganggu

Budi menyatakan bahwa pihaknya tidak menargetkan Desa Terusan Mulya harus meraih juara.

“Paling tidak dari hasil evaluasi itu adalah bahan kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan lagi kedepannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat di desa menjadi lebih baik lagi,” harap Budi.

Adapun lomba desa/kelurahan tersebut, sejatinya merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk melakukan pembinaan desa-desa dan kelurahan.

“Hasil yang kita dapatkan di lapangan, akan kita kompilasi lagi untuk dilakukan penilaian di tingkat provinsi. Nanti apabila ada nilai yang sudah terbaik ditingkat dari keseluruhan, akan menjadi juara provinsi bisa mewakili provinsi di tingkat nasional,” terang Fathudin Noor, Kepala Bidang Pemberdayaan, Pengelolaan, Sumber Daya Alam, Kawasan Perdesaan dan Ketahanan Masyarakat Dinas PMD Provinsi Kalteng.

Baca Juga |  Pengumuman 40 Desa BRILian 2021 Batch-2 serta 15 Pemenang Utama

Fathudin menambahkan, pihaknya melakukan penilaian sebagus mungkin, secara detail, kemudian langsung melakukan pembinaan apa-apa saja yang harus dilengkapi oleh desa atau kelurahan.

“Kami luar biasa melakukan penilaian di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh ini, karena potensi alamnya bagus dan kita harapkan dengan adanya lomba desa ini, desa inipun akan semakin lebih memajukan tingkat perekonomiannya,” pungkas Fathudin Noor.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya