Home / Kabar Desa

Senin, 27 September 2021 - 12:47 WIB

Waluyojati Gelar Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Pekon 2021

Nurul Hilal - Penulis

TV Desa – Pringsewu : Musyawarah pekon dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun anggaran 2022 pekon Waluyojati Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Lampung digelar di aula kantor pekon setempat.

Musdes dihadiri oleh ketua dan anggota BHP, ketua PKK dan kader PKK Kepala dusun dan ketua rukun tetangga, ketua lembaga kemasyarakatan pekon, bidan desa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa, Tokoh agama, masyarakat, pemuda.

“Bermusyawarah dilaksanakan untuk menyusun rencana kerja pembangunan (RKP) yang seharusnya sudah dilaksanakan pada awal bulan September namun baru dapat dilaksanakan pada hari ini dan akan ditetapkan sebagai keputusan pekon diakhir September 2021. Musyawarah RKP menjadi dasar penyusunan APBpekon tahun 2022, peserta dapat mengajukan usulan kegiatan pembangunan di tahun 2022”, ungkap Kepala Pekon Waluyojati, Gunawan kepada TV Desa, Senin 27/09/2021.

Baca Juga |  Kepala Desa Kasih Supriyadi Bagikan Insentif, Warga Sumringah.

Sementara ketua Badan Hippun Pemekonan (BHP), Solihin berharap, semua yang terlibat dalam pemerintahan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan baik struktural dan fungsional untuk bersama membangun pekon Waluyojati.

“Penyusun RKP yang didampingi pendamping lokal desa diharapkan dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan dalam penggunaan anggaran”, harapnya.

Pada kesempatan yang sama Pendamping Lokal Desa (PLD) pekon Waluyojati Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Lampung, Nurul Hilal memberikan penjelasan tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 sesuai Kemendes No. 7 Tahun 2021.

“Tiga prioritas pengunaan dana desa tahun 2022. Pertama, pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa yaitu, penanggulangan kemiskinan, pembentukan, pengembangan dan peningkatan kapasitas badan usaha milik desa, pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola Bumdes. Kedua, Program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yaitu, pendataan, pemetaan potensi sumber daya dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan, pencegahan stuntting, pengembangan desa inklusif. Ketiga, mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa”, terangnya. (*)

Berita ini 152 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Menjelang Hari Raya 2024 Pemdes Ngerong Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Dan Perangkat Desa

Kabar Desa

BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Beri Kontribusi PAD Kalurahan Sebesar 34 Jutaan

Kabar Desa

Penyaluran BLT Dana Desa 2024

Kabar Desa

Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam warga Pardasuka Pringsewu

Kabar Desa

Ika Widyawati Terpilih Kembali Menjadi Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Banjaroyo Periode 2024-2029
Musyawarah Desa Pertanggungjawaban BUM Desa

Kabar Desa

Tahun 2023 BUM Desa Binangun Mitra Menoreh Catatkan Pendapatan 177 Jutaan

Kabar Desa

Berbagi Takjil, Cara ABPEDNAS Kecamatan Plandaan Nikmati Bulan Ramadhan 2024

Kabar Desa

Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara jadi penilaian BKKBN sebagai kampung KB 2024