Home / Profil

Selasa, 14 September 2021 - 16:45 WIB

Warung Tentrem Desa Gondang Kab. Kendal, Makan Sekenyangnya Bayar Seikhlasnya

Asrodin - Penulis

TV Desa – Kendal : Jika anda berkesempatan jalan-jalan atau berwisata di kompleks candi gedongsongo kabupaten Semarang. Ada tempat kuliner yang wajib anda datangi. Terletak di ruas jalan Sumowono – Limbangan, tepatnya di desa Gondang, ada sebuah warung dengan pelayanan yang unik, namanya warung Tentrem.

Saat pertama datang, penulis tidak menemukan meja kasir, pun juga daftar menu. Yang ada sapaan pemilik warung khas desa seolah menyapa kawan yang lama tak bersua. Setelah basa-basi bertegur sapa, pengunjung dipersilahkan memilih saung yang ada, lalu disuguhi minuman susu jahe merah dan mendoan serta pisang goreng sebagai pembuka, menambah hangat ditengah dinginnya suasana desa yang terletak di kaki gunung Ungaran.

Baca Juga |  Membangun dari Desa, Ini yang Dilakukan H Syamsuar

Semua pengunjung dianggap tamu, bukan pembeli. Pemilik warung hilir mudik menyapa, sesekali ikut nimbrung dalam obrolan pengunjung, bahkan dengan joke-joknya, pengunjung tertawa lepas, tanda puas dengan pelayanan yang ditawarkan.

Menu makanan yang disajikan pun hanya menu ‘ndeso‘, nasi dengan lalapan khas jawa ditambah ikan asin dan sambal terasi, jika beruntung, ada tambahan ikan goreng lele atau ayam goreng besar.

Sekilas tidak ada yang istimewa, seperti kebanyakan warung pada umumnya. Yang membedakan adalah saat anda hendak membayar. Sesuai dengan tagline yang tertulis di dinding warung “mangan sak warege, mbayar sak ikhlase” (Makan sekenyangnya, bayar seikhlasnya-pen). Pengunjung cuma disuguhi kotak di pojok warung, berapapun uang yang akan dibayarkan, dimasukkan ke kotak, bahkan jika tidak membayar pun tidak apa-apa.

Baca Juga |  BUMDes Lumbung Argo Tirto, Desa Gunungronggo Target Bukukan Laba Positif 2024

Sirup Buah Maja

Rupanya pelayanan warung tentrem terhadap pengunjung bukan satu-satunya yang khas di warung ini. Pemilik warung juga memproduksi dan menjual sirup buah Maja.

Sirup Buah Maja Kemasan 250 gram. praktis, langsung diminum

“Sirup ini dapat membantu menyembuhkan asam urat, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya” tukas Tentrem, pemilik yang namanya juga dijadikan sebagai nama warung.

Mau mencoba, silahkan dibuktikan.

Berita ini 341 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

PMII Rayon Syariah Purwokerto Inisiasi Pesantren Konstitusi Sebagai Upaya Mengembalikan Jati Diri Indonesia Sebagai Negara Hukum

Profil

Desa Loa Duri Ulu, Sudah Miliki Tim Media Sendiri

Profil

Inayati Pejuang Literasi, Pulang Ke Desa Demi Membangun Budaya Baca

Profil

Bangun Kantor Baru, Desa Gunggungan Lor Tingkatkan Layanan

Profil

Wae Rebo, Desa Tercantik Dunia 2024 Versi Spectator Index

Profil

Digitalisasi Desa Wisata, Tumbuhkan Pariwisata Lampung

Profil

BUMDes Lumbung Argo Tirto, Desa Gunungronggo Target Bukukan Laba Positif 2024

Profil

Menilik TBM Al-Huda, Seberkas Cahaya Di Ujung Utara Purbalingga