Home / Kabar Desa

Senin, 23 Agustus 2021 - 22:01 WIB

Webinar Pengenalan Budidaya dan Pemasaran Sayuran Hidroponik – KKN UNS 42

M Bagus Pamuji - Penulis

TV Desa – Kebumen : KKN UNS 42 meluncurkan seri webinar pengenalan budidaya dan pemasaran sayuran hidroponik. Kegiatan ini sebagai salah satu program kerja KKN UNS 42 di Desa Blater, Poncowarno, Kebumen, minggu (22/8).

Seri webinar ini menggandeng wirausahawan muda Andrean Huda Prasetyo, S.P. yang merupakan ouwner dari Sala Argro Harti. Andrean juga merupakan alumnus agroteknologi UNS 2016.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar generasi muda lebih mengenal cara budidaya dan pemasaran sayuran hidroponik yang masih jarang dimengerti. Melalui kegiatan webinar inilah para peserta mendapatkan ilmu langsung dari praktisi.

Kepada TV Desa Dinda yang merupakan panitia penggagas kegiatan ini menyampaikan harapannya dengan diselenggarakannya webinar tersebut. “Harapan kami peserta bisa lebih paham terkair budidaya hidroponik dan bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat sehingga bisa meningkatkan presentasi petani muda Indonesia” pungkasnya.

Baca Juga |  Panitia Pilkades Botomanai Resmi Terima 5 Calon

Kegiatan webinar ini sebenarnya hanya untuk warga Desa Blater saja tetapi mengingat minat dari masuarakat umum yang sangat banyak akhirnya kegiatan ini di ikuti oleh masyarakat umum yang lebih luas.

“Peserta kami sebenarnya berfokus kepada remaja desa blater, poncowarno tapi berhubung acara dilakukan secara daring dan minat masyarakat umum yang sangat banyak jadi kami membuka slot untuk umum juga”, imbuhnya.

Dalam penyampaian materinya andrean yang berasal dari Blora ini menceritakan pengalamannya dalam berwirausaha hidroponik. Menurutnya budidaya hidroponik ini akan lebih efisiean ketika dilakukan secara bersama-sama. “Kalo pengen sukses di dunia hidroponik jangan memusuhi sesama petani hidroponik, tetapi rangkul mereka, ajak bekerjsama” tegasnya.

Baca Juga |  Puluhan Warga Ketangkuhan, Ikuti Acara Vaksinasi Cegah Covid-19

Andrean juga memberikan tips mencari market dalam menjual hasil pertanian hidroponik. “Dalam memasarkannya kita ada beberapa cara, pertama : melalui media sosial, kedua : langsungmenawarkan di lokasi target, dan yang ketiga : door to door kepada konsumen” ungkapnya.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 89 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi