Home / Kabar Desa

Kamis, 6 Juli 2023 - 22:14 WIB

Wujudkan Digitalisasi Desa, Mahasiswa UNNES GIAT 5 Desa Randugunting Gelar Pelatihan Jurnalistik

Asrodin - Penulis

TVDesa – Semarang : Mahasiswa UNNES GIAT 5 Desa Randugunting sukses gelar kegiatan “Pelatihan Jurnalistik” (6/7)

Kegiatan ini bertempat di ruang Serba Guna Kantor Desa Randugunting dan diikuti oleh Perangkat Desa serta Karang Taruna desa setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang bagaimana membuat konten jurnalistik dan juga sebagai upaya mewujudkan digitalisasi desa melalui tulisan yang dimuat di website desa.

Hadir dalam acara ini Kepala Desa Randugunting Nuryanto, Dosen pembimbing lapangan (DPL) Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T., Nurdian Susilowati, S. Pd., M. Pd., dan Alfa Faridh Suni, S.T., M.T.

Sebagai Narasumber, diisi langsung oleh mahasiswa UNNES GIAT 5 dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Saif Khafifi dan Iqda Nabilatul Khusna.

Baca Juga |  Tingkatkan Kapasitas, BPD Nakau Bekali Anggotanya Materi Teknik Sidang

Pelatihan ini memaparkan materi yang meliputi konsep dasar jurnalistik, perencanaan penulisan berita, langkah-langkah penulisan berita, dan praktik penulisan berita.

Restu Adelina Marfah, penanggung jawab pelatihan ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mendukung program kerja kelompok, yaitu pembuatan website desa. “Pelatihan ini memberikan pengetahuan kepada peserta tentang cara mengelola website desa dengan konten-konten jurnalistik,” ucap Restu.

Salah satu peserta pelatihan Pratiwi Lai Latul Chodri, S.Farm. mengapresiasi positif kegiatan ini, “kami berharap hasil dari pelatihan ini peserta dapat mengisi berita yang dimuat dalam website desa,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Pita selaku DPL merasa puas dengan kegiatan ini.
“Teori dan penyampaiannya mudah dipahami dan tidak terlalu formal, Ada evaluasi untuk peserta dalam penulisan berita, peserta juga mengetahui kekurangan dari apa yang mereka tulis,” ujarnya.

Baca Juga |  Menuju Digitalisasi Desa, PNP Latih Aparat Nagari Guguak Kuranji Hilir dan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir

“peserta juga antusias, tadi ada yang sempat meminta file materi dan mereka pun mengerjakan penugasan pada praktik menulis berita,” tambahnya.

Selanjutnya, Nuryanto selaku Kepala Desa Randugunting menyambut dengan hangat program pelatihan yang dirancang oleh mahasiswa UNNES GIAT 5 ini. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang bagus. Semoga dengan kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa mengangkat potensi yang ada di desa Randugunting sehingga desa Randugunting bisa lebih dikenal,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 218 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda

Kabar Desa

Lebih Dekat dengan Warga, Babinsa Palmatak Lakukan Komsos dan Gotong Royong

Kabar Desa

Jelang HUT RI ke-79 di Patalassang: Panitia Siapkan Sejumlah Perlombaan Seru!

Kabar Desa

Festival Bubur Suro: Paduan Budaya, Kuliner, dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bandung

Kabar Desa

Tanam 1.000 Pohon di Desa Karangligar, Upaya Mahasiswa UBP Karawang untuk Cegah Banjir

Kabar Desa

IMP Nanggalo Gelar Gebyar Kader: Perkuat Peran Kader dalam Penurunan Stunting