Home / Kabar Desa

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:59 WIB

Wujudkan Gampong Sehat, Peunyeurat Sosialisasi Penilaian Lomba Dusun Sehat

#Dian Purnama Putra - Penulis

TVDesa – Banda Aceh : Upaya Pemerintah Gampong Peunyeurat mewujudkan Gampong Sehat, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi penilaian lomba antar dusun, menggunakan dua indikator yaitu kesehatan dan lingkungan.

“Pada kesempatan ini kita mengikuti kegiatan Sosialisasi Penilaian Lomba Antar Dusun, kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar kita memahami indikator indikator apa yang akan menjadi penilaian lomba dusun,” kata T. Ismed Fadillah, Keuchik Peunyeurat, saat dilakukan penilaian administrasi kependudukan serta inovasi di aula setempat, Rabu (15/05/2024).

Sebagai pemateri, Siti Fatimah, S.TP MKM menyampaikan materi Indikator Penilaian PHBS. Dampak penurunan kesehatan, kerusakan lingkungan dan belum maksimalnya perencanaan menuju keluarga sehat berkualitas.

Baca Juga |  Ingin "Naik Kelas" UMKM Desa Sumowono Gelar Pelatihan Digital Marketing

Lanjut Fatimah, ini mengakibatkan terjadinya bencana (arti secara luas) yang dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga diperlukan peningkatan kapasitas dengan melakukan kampanye (edukasi, sosialisasi, simulasi dan pembekalan) melalui Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

Sementara itu, pemateri selanjutnya Ir. Cut Safarina Yulianty, ST. MM MT menyampaikan materi Indikator penilaian lingkungan hidup. Ada dua indikator yang akan dilakukan penilaian yaitu kegiatan adaptasi terdiri dari Pengendalian Kekeringan Banjir dan Longsor.

Kemudian ada juga peningkatan ketahanan pangan dan Pengendalian penyakit terkait iklim. Para peserta juga mendapatkan materi kegiatan mitigasi, yang terdiri dari pengelolaan sampah, limbah padat dan cair, penggunaan energi baru terbarukan, konservasi dan penghematan energi.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon