Home / Kabar Desa

Selasa, 7 September 2021 - 13:33 WIB

Libatkan Generasi Milenial Desa, Pemdes Tanjung Ilir Wujudkan Pendataan SDGs yang Efektif

Mistoni,S.Pd.I - Penulis

TVDesa NEW-Merangin, Wujudkan pendataan SDGs desa yang efektif Pemerintahan Desa Tanjung ilir kecamatan Tabir kabupaten Merangin provinsi Jambi terus giat melakukan pendataan SDGs desanya dengan melibatkan generasi Melinial didesa yang memiliki SDM mumpuni dan melek tekhnologi. Sesuai dengan Permendesa nomor 21 tahun 2020, pembangunan desa dilaksanakan dengan tahapan : Pendataan desa, Perencanaan pembangunan desa, Pelaksanaan Pembangunan desa dan pertanggungjawaban pembangunan desa.Pendataan SDGs desa dilaksanakan sebagai sensus partisipatoris dari desa,oleh desa dan untuk desa. Partisipasi di antara pokja pendataan desa pemerintah desa dan warga desa sangat penting dalam proses pelaksanaan kegiatan ini. Seluruh Hasil Pendataan nantinya dapat langsung digunakan untuk keperluan yang beragam, kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah desa, pemerintah kabupaten/kota,pemerintah provinsi,kementerian dan lembaga perguruan tinggi,swasta serta lembaga swadaya masayarakat.

Baca Juga |  BLT DD Bulan Ke 9 Kembali di Cairkan

Untuk mendapatkan pendataan yang akurat dan efektif maka sangat diperlukan orang-orang yang memiliki SDM yang mumpuni dan melek tekhnologi dengan memanfaatkan generasi Melinial yang ada didesa. Jupri, (Kepala Desa Tanjung Ilir) dalam sambutannya pada acara pembekalan Pokja Relawan Pendataan desa,Rabu 18 Agustus 2021 lalu mengatakan, bahwa sesuai dengan pendataan SDGs desa saat ini menggunakan sistem aplikasi online tentunya dalam kegiatan pendataan SDGs desa didesa tanjung ilir ini perlu memanfaatkan tenaga generasi milenial yang memilik SDM mumpuni serta melek tekhnologi, yang ada didesa agar mendapatkan pendataan yang akurat dan efektif guna keberlangsungan pembangunan desa dimasa sekarang dan akan datang. Kepada adik-adik yang akan ditugaskan nanti tentunya harus benar-benar serius dalam menjalankan tugas pendataan ini karna data SDGs desa nantinya akan kami jadikan acuan/pedoman dalam menentukan arah Kebijakan pembangunan desa kedepan.(Tegas Jufri).

Baca Juga |  Desa Pendem Bersiap Tambah Fasilitas Biogas Mandiri

Saat berita ini diterbitkan,progres pendataan SDGs desa dikecamatan Tabir kabupaten Merangin provinsi Jambi, desa Tanjung ilir memperoleh pencapaian tertinggi diantara 5 desa lainnya, hal ini berkat bimbingan dan arahan dari bapak kepala desa,BPD,Pemdes dan Pendamping lokal desa. namun kegiatan pendataan tetap terus dilakukan sampai tuntas, ditargetkan pada pertengahan bulan September 2021 akan dilakukan musdes penetapan hasil pendataan. mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi desa-desa yang lainnya untuk terus giat menuntaskan pendataan SDGs didesanya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 100 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa