Home / Kabar Desa

Rabu, 17 April 2024 - 13:02 WIB

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

@ADMIN 1 - Penulis

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

TVDesa – Kukar : Desa Loa Janan Ulu kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, melakukan perubahan signifikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024, khususnya dalam hal pembangunan fisik.

“Setelah fokus pada peningkatan jalan tahun lalu, tahun 2024 ini pemerintah desa mengalihkan perhatiannya pada pembangunan kantor desa baru,” terang Supariyo, Kepala Desa Loa Janan Ulu, Selasa (16/4/2024).

Adapun perubahan APBDes tersebut, sebagaimana disampaikan Supariyo, masih mengikuti kerangka aturan yang ada, dengan alokasi persentase tertentu untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

“Alasan perlunya kantor desa baru, lantaran lokasi kantor desa saat ini, diserahkan kepada Yayasan SMK Bakti. Karena penyerahan itu menuntut pemerintah desa untuk mencari lahan baru guna membangun fasilitas pelayanan yang lebih baik bagi warga,” papar Supariyo, dilansir dari Berita Kaltim.

Baca Juga |  Asda 1 Bekasi: Festival Gebyar Mer-Desa Diharapkan dapat Mengedukasi Perangkat Desa

Supariyo mengungkapkan bahwa meskipun lahan untuk pembangunan baru belum dihibahkan oleh pemerintah daerah, sudah ada rencana konkret yang disiapkan.

“Kami telah mendapatkan tantangan dari Bupati untuk mempersiapkan dana sebesar 1,5 miliar rupiah dalam anggaran perubahan ini,” ujar Supariyo.

Dana tersebut, menurut penuturan Supariyo, akan digunakan untuk pematangan lahan dan pembangunan awal kantor desa yang baru. Program ini menjadi langkah besar bagi jajaran pemerintahan desa, sehingga seluruh perangkat bersemangat memenuhi tantangan ini.

Baca Juga |  Desa Kaliluling Buka Program Gempita Desa Tahun 2021

“Insyaallah, dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat, kami akan berhasil menciptakan pusat pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan warga dengan lebih baik,” ucap Supariyo.

Ia berharap dengan adanya pembangunan kantor desa baru ini dapat meningkatkan efisiensi layanan publik, tetapi juga menjadi simbol kemajuan dan kemandirian desa.

“Dengan rencana yang telah matang dan dukungan yang kuat, masa depan desa tampak cerah di tahun 2024,” pungkas Supariyo.

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Mendes PDTT: Namang, Pola Pembangunan Desa yang Efektif

Kabar Desa

BPS Barito Utara lakukan pendataan Potensi Desa 2024

Kabar Desa

Kejari Sukamara Harapkan Pemeriksaan Desa Cegah Kerugian Negara

Kabar Desa

Prioritaskan JUT, Desa Kintelan Tingkatkan Perekonomian Desa

Kabar Desa

Menggema Dari Nagari Lareh Nan Panjang, Alek Nagari Dihadiri Perantau

Kabar Desa

Batik Tulis Gemetar Jadi Perhatian Para Tim Penilai Lomba

Kabar Desa

Berhasil Kelola Sampah, Desa Randupitu Panen Apresiasi Bergengsi

Kabar Desa

Warga Gampong Suka Damai, Saree, Terima 60 Sertifikat Tanah