Home / Kabar Desa

Minggu, 21 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Sedekah Bumi di Desa Pager Kulon Purwosari Diserbu Warga

Adi noto - Penulis

TVDesa News-Pasuruan : Dua tahun dibekap Pandemi membuat Sedekah Bumi di Dusun Pager Kulon, Desa Pager, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Sabtu kemarin (20/8/2022) heboh.

Bagi warga, gelaran ini bagaikan oase di tengah sahara. Maklum, selama pandemi di dusun ini tak ada kegiatan sedekah bumi.

“Sedekah bumi juga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Disamping itu juga untuk melestarikan budaya Jawa,” terang Ketua Panita Sedekah Bumi Dusun Pager Kulon, Dariyanto.

Panitia pun mengonsep acara dengan apik. Warga benar-benar dimanjakan dengan rangkaian acara demi acara, mulai dari ancak hingga pagelaran wayang kulit.

Baca Juga |  Rapat Koordinasi Persiapan Orientasi Kades

“Dimulai dari ancak, kemudian campur sari, dan dilanjutkan wayang kulit semalam suntuk,” jelas pria yang juga anggota TNI AL tersebut.

Ia melanjutkan, empat RT di dusunnya masing-masing membawa satu ancak. Tiap ancak berisi sayuran, buah-buahan, palawija, dan hasil bumi lainnya.

“Isi ancaknya hasil bumi dusun kami. Seperti padi, sayuran, dan palawija. Semua dikumpulkan jadi satu dengan harapan warga tetap guyub rukun jadi satu. Sesuai sila ketiga, Persatuan Indonesia,” bebernya.

Antusias warga memang tinggi. Misalnya ketika sesi ancak dimulai, hanya dalam hitungan menit, empat ancak ludes diperebutkan warga.

Baca Juga |  Gus Halim, Penggunaan Dana Desa untuk Bumdes Harus Akuntabel

“Dahaga masyarakat seakan terbayar lunas. Ancak ditaruh beberapa menit saja sudah ludes diserbu,” terang Kasun Pager Kulon, Kariyanto.

Melihat antusias warga, pihaknya merencanakan akan menggelar sedekah bumi tiap tahun. Apalagi, sambungnya, warga merasakan sendiri efek positif dari sedekah bumi.

“Permintaan masyarakat seperti itu. Tiap kami mengadakan atau ikut sedekah bumi, rezeki kami melimpah. Memang percaya enggak percaya ya, tetapi kenyataan nya masyarakat sendiri merasakan seperti itu,” pungkasnya.

Berita ini 137 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Menteri A.Halim Iskandar: Namang pola pembangunan desa yang efektif

Kabar Desa

BPS Barito Utara lakukan pendataan Potensi Desa 2024

Kabar Desa

Kejari Sukamara Harapkan Pemeriksaan Desa Cegah Kerugian Negara

Kabar Desa

Prioritaskan JUT, Desa Kintelan Tingkatkan Perekonomian Desa

Kabar Desa

Menggema Dari Nagari Lareh Nan Panjang, Alek Nagari Dihadiri Perantau

Kabar Desa

Batik Tulis Gemetar Jadi Perhatian Para Tim Penilai Lomba

Kabar Desa

Berhasil Kelola Sampah, Desa Randupitu Panen Apresiasi Bergengsi

Kabar Desa

Warga Gampong Suka Damai, Saree, Terima 60 Sertifikat Tanah