Home / Kabar Pusat

Kamis, 25 April 2024 - 08:04 WIB

Hadapi Perubahan Iklim, Mendes Ajak Bangun Kemitraan Dengan Desa

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Jakarta : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak seluruh pihak agar membangun kemitraan dengan desa untuk menghadapi perubahan iklim yang bersifat multidimensi.

“Saya mengajak seluruh pihak agar membangun kemitraan dengan desa dalam menghadapi perubahan iklim yang bersifat multidimensional,” kata Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar saat menyampaikan pidato kunci dalam Forum Dimensi Sosial Perubahan Iklim di Indonesia yang diselenggarakan Kemendes PDTT bersama Bank Dunia di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, persoalan menghadapi dampak-dampak negatif perubahan iklim tidak hanya terkait dengan upaya membangun ketahanan lingkungan.

Ia mengatakan salah satu dimensi lain yang terkait dengan penanganan dampak negatif perubahan iklim adalah pembangunan ketahanan sosial yang merupakan kemampuan masyarakat untuk beradaptasi dalam menghadapi ancaman kerusakan akibat perubahan iklim.

Baca Juga |  Kemendes Ajak Petani Barito Kuala Budidayakan Padi Organik

Gus Halim telah menyampaikan bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) Desa berperan mendorong desa-desa di Tanah Air agar tanggap terhadap segala persoalan perubahan iklim. Melalui SDGs Desa, kata dia, Kemendes PDTT telah menyusun secara rinci arah kebijakan sasaran dan indikator kunci bagi desa dalam menghadapi perubahan iklim.

SDGs Desa memiliki 18 tujuan yang melingkupi aspek kewargaan, kewilayahan desa, serta kelembagaan. Delapan belas tujuan tersebut antara lain membangun desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, dan keterlibatan perempuan desa.

Selain itu SDGs Desa juga bertujuan membangun desa yang memiliki air bersih dan sanitasi yang layak, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa yang merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, dan desa tanggap perubahan iklim.

Baca Juga |  10 Bendungan Akan Segera Diresmikan Presiden Jokowi Dalam Waktu Dekat

“Melalui SDGs Desa, telah tersusun rinci arah kebijakan, sasaran, dan indikator kunci bagi desa tanggap perubahan iklim,” kata Gus Halim.

Menutup pidatonya, Gus Halim menyampaikan pantun terkait dengan perubahan iklim. “Hadir majelis taklim dijamu roti. Tempat acaranya di Kota Pati. Perubahan iklim tidak perlu ditakuti. Tapi, harus kita hadapi dengan hati-hati,” ujarnya.

 

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Menparekraf: Desa Wisata, Tepat Kembangkan Ecotourism di Kota Nusantara

Kabar Pusat

Wamendes Paiman: Metaverse Jadi Terobosan Baru Kenalkan Wisata Desa ke Dunia

Kabar Pusat

Wamendes Paiman Apresiasi Inovasi Matching Fund di Wilayah Borobudur

Kabar Pusat

Terapkan Kebijakan Berbasis Desa, Gus Halim Apresiasi Pemprov Bangka Belitung

Kabar Pusat

Gus Halim: Desa Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional

Kabar Pusat

Gus Halim Minta Desa di Kawasan Pertambangan Kembangkan Potensi Sektor Lain

Kabar Pusat

Gus Halim Ajak Desa di Daerah Pertambangan Optimalkan Hortikultura

Kabar Pusat

Desa Wisata Minim Kunjungan, ASTINDO: Perlu Pendampingan!