Home / Kabar Daerah

Senin, 19 Februari 2024 - 20:48 WIB

Kunjung-Lapang Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar

Wawan Hermawan - Penulis

Wako Solok, Zul Elfian Umar memberikan sambutan saat penilaian dasawisma berprestasi Tingkat Sumatera Barat. (Image Courtesy: kitasiar.com)

Wako Solok, Zul Elfian Umar memberikan sambutan saat penilaian dasawisma berprestasi Tingkat Sumatera Barat. (Image Courtesy: kitasiar.com)

TVDesa – Solok : Sebagai lembaga PKK yang terbawah dan berada di PKK RT/RW dalam wilayah kelurahan, keberadaan kelompok dasawisma memiliki banyak peran ditengah-tengah masyarakat.

“Dengan dasawisma sebagai pelaksana di lapangan memberikan harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam kehidupan keluarga,” ungkap Zul Elfian Umar,  Wali Kota Solok, saat menghadiri Kunjungan Lapangan Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Dasawisma Destamar Indah I RW 06/RT 03 Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Senin (19/2/2024).

Dasawisma, disebut Zul, merupakan kegiatan kemasyarakatan melalui gerakan PKK yang telah teruji peran aktifnya di tengah masyarakat.

“Dengan dicanangkannya Program Bulan Bhakti Dasawisma yang dilaksanakan setiap tahun memberi dampak di lingkungan masyarakat terhadap keberhasilan Kader PKK/ Dasawisma dalam menjalankan tugasnya,” sebut Zul.

Baca Juga |  KTH Rumah Madu Galo-Galo Pasaman Dapatkan Gazebo Dari Gubernur Sumbar

PKK bersama dasawisma memiliki peran amat penting dalam membina sikap prilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi, serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

“Jajaran PKK dan kelompok dasawisma diharapkan dapat peka terhadap kenyataan/masalah, serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan 10 Program Pokoknya yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalu kelompok PKK RT, RW dan Kelompok Dasawisma,” harap Zul.

Hadir langsung, Ketua Tim Penilai sekaligus Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi, beserta anggota tim Hendrawati, Nani Darlis, Jumayyah serta Armita. Turut hadir, Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Baca Juga |  Korkab TPP Lambar Bersama Kepala Bapeda dan Kadis PMP Tanda Tangani IDM

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi mengatakan kedatangan ini untuk melihat dan mendapat informasi nyata dari kelompok dasawisma berprestasi dengan nominasi 7 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

Pada Tanggal 6 Februari 2024 lalu telah dilakukan pertemuan ketua dasawisma berprestasi masing-masing kabupaten/kota. Sekarang verifikasi lapangan dan Kota Solok sudah berhasil masuk nominasi.

Bagi Juara 1 akan dinobatkan menjadi duta dasawisma yang akan dilaksanakan pada 7 Maret 2024 di Kabupaten Agam.

Seperti diketahui, Dasawisma ini berfungsi untuk mewujudkan Ketahanan keluarga sejahtera menjadikan generasi muda tangguh.

“Terimakasih kepada kader PKK dan Kader Dasawisma yang telah bekerja keras dalam mewujudkan keluarga sejahtera di setiap daerah. Dasawisma telah berkontribusi menurunkan angka stunting. Sasaran dasawisma adalah ibu hamil, ibu menyusui, balita dan 1000 hari pertama kehidupan,” tutup Ny.Harnelli Mahyeldi.

Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Inspeksi Ramp Chek Satlantas Polres Kudus Jelang Libur Sekolah

Kabar Daerah

Masyarakat Sekitar Gunung Marapi Diharap Waspada Potensi Bencana Susulan

Kabar Daerah

Antisipasi Lonjakan Harga Pangan, Pemprov Sumbar Siapkan Alternatif Pasokan

Kabar Daerah

Perangi Narkoba, Desa Bersinar di Aceh Dapatkan Binaan BNNP dan Bank Aceh

Kabar Daerah

Wagub Sumbar Berharap, Besarnya Perhatian Pusat Berdampak Positif untuk Percepatan Penanganan Bencana di Daerahnya*

Kabar Daerah

Kunjungi Posko Bukik Batabuah, Kepala BNPB dan Gubernur Sumbar Sampaikan Informasi Seputar Relokasi

Kabar Daerah

Dukung Program Desa Cantik, BPS Ngawi Ajak Koordinasi 4 Desa Ini

Kabar Daerah

71 Desa di Kepri Jadi Binaan Imigrasi