Home / Kabar Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 - 01:37 WIB

Peringati Hari Otda XXVIII, Sumbar Bagikan Penghargaan Kab Kota Berprestasi

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Padang : Halaman Kantor Gubernur Sumbar, menjadi lokasi peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tingkat Provinsi Sumatera barat, bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024. Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, yang bertindak selaku pembina upacara, secara berturut-turut membacakan pidato Menteri Pendidikan Nasional Nadiem Makarim terkait Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, serta pidato Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terkait peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII.

Mendagri Tito Karnavian, dalam pidatonya mengatakan bahwa setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah (Otda) telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta kemampuan Fiskal Daerah.

“Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya, kita berharap agar dimanfaatkan untuk program- program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan IPM, menurunkan kemiskinan, dan meningkatkan konektivitas infrastruktur,” ucap Wagub Audy saat membacakan pidato Mendagri Tito Karnavian, Kamis (02/05/2024).

Baca Juga |  Gubernur Sumbar: 9 Nilai Integritas Ini Hindari Perilaku Korup

Mendagri juga menyerukan kepada daerah dengan kemampuan PAD dan fiskal yang baik, tetapi dengan IPM yang masih rendah, angka kemiskinan masih tinggi, dan akses infrastruktur belum baik, untuk terus melakukan evaluasi dan memastikan penyusunan program dan kegiatan dalam APBD tepat sasaran, efektif, serta efisien.

Selanjutnya, Mendagri Tito Karnavian menyebut bahwa selama ini perjalanan otonomi daerah telah mencapai kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat, dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

Baca Juga |  Enam Event Pariwisata Sumbar Tembus Karisma Event Nusantara 2024

“Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau, di mana penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan,” ucap Wagub Audy melanjutkan pidato tersebut.

Dalam kesempatan itu, Wagub Audy juga menyerahkan penghargaan bagi Pemerintah Kab/Kota terbaik di Sumbar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2022, berdasarkan evaluasi penyelenggaraan Pemda Tahun 2023.

Untuk tingkat Kabupaten, daerah terbaik I diberikan kepada Kabupaten Dharmasraya, Terbaik II Kabupaten Pasaman, dan Terbaik III Kabupaten Agam. Sedang untuk tingkat Kota, Terbaik I diberikan untuk Kota Payakumbuh, Terbaik II Kota Pariaman, dan Terbaik III Kota Padang Panjang.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Terus Perkuat Sinergitas Pemprov dan Semen Padang untuk Sepakbola Sumbar*

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab