Home / Kabar Desa

Rabu, 25 Agustus 2021 - 19:01 WIB

Camat Penukal Gelar Musyawarah Penetapan SDGs Desa

011 Riva Yanti - Penulis

TV Desa-Pali: Pemerintah Kecamatan Penukal melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tingkat Kecamatan Penukal Tahun 2021 di aula kantor Camat Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Rabu 25/08/2021

Hadir dalam kegiatan Musdesus tingkat kecamatan, Camat Penukal Kusteti, SE, Kepala KUA, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Ketua Pokja SDGs Desa yang dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. hadir juga dalam kegiatan ini Kokab Kabupaten Pali, Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd dan juga pendamping desa serta pendamping lokal desa. Agenda yang dibahas dalam musyawarah desa tersebut adalah penetapan hasil pemutakhiran Data SDGs Desa Tingkat Kecamatan yang telah dilakukan Pemerintah Desa mulai dari pendataan tingkat Desa, RT, keluarga dan individu.

Adapun hasil pendataan SDGs Desa tahun 2021 dibacakan sebanyak 13 Desa yang disampaikan oleh Indra, SE selaku Pendamping Desa dilanjutkan Rekap Kecamatan sebagai acauan Penetapan SDGs Tingkat kecamatan adalah sebagai berikut:
1. Survey Desa
Survey Desa yang telah diselesaikan terdiri dari data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, asset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastuktur dan lainnya sebanyak 13 Desa.

Baca Juga |  Gus Halim Paparkan Penanganan Kemiskinan Ekstrem Secara Virtual

2. Survey RT atau Dusun
Jumlah Dusun yang telah didata sebanyak 54 Rangkap yang terdiri dari data lokasi, kepala Dusun, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosial budaya, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

3. Survey Keluarga
Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 7987 ( Tujuh Ribu sembilan Ratus delapan puluh tujuh) Rangkap, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

4. Survey Individu
Jumlah individu yang telah didata sebanyak 29.600 (dua puluh sembilan ribu enam ratus) rangkap, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

Musyawarah Desa Khusus Tingkat Kecamatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh 13 kepala Desa secara berurutan Desa Purun, Desa Gunung Menang, Desa MangkuNegara, Desa Raja Jaya, Desa Air Itam, Desa Gunung Raja, Desa Air Itam Timur, Desa Sungai Langan, Desa Spantan Jaya, Desa Babat, Desa Suka Raja, Desa Purun Timur, Desa Mangkunegara Timur, dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Tingkat Kecamatan oleh ibu Camat Penukal Kusteti, SE dilanjukan penyerahan berita acara.

Baca Juga |  Lebung Sari Gelar MUSDESUS 2 BLT Dana Desa 2021

Camat Penukal, Kusteti, SE menyampaikan kegiatan dihadiri oleh Semua Desa dalam wilayah Kecamatan Penukal, sebanyak 13 Desa Defenitif, masing-masing desa telah selesai penetapan, sehingga hari ini kita lakukan penetapan di tingkat kecamatan Penukal.

“Musyawarah Penetapan SDGs Tingkat Kecamatan, Alhamdulillah dihadiri oleh 13 Desa Defenitif, Kepala Desa, Ketua Pokja SDGs Desa dalam wilayah kecamatan Penukal, berjalan sesuai yang diharapkan bersama” ujarnya

Selanjutnya kusteti menerangkan bahwa Musyawarah Penetapan SDGs Tingkat Kecamatan di bumi Serepat Serasan ini.

” Penetapan Tingkat Kecamatan sesuai informasi ini yang pertama, karena setiap desa telah selesai Musdesus Penetapan SDGs Desa” Pungkasnya.

Hal ini dibenarkan oleh Riva Yanti, S.Si, S.Pd, M.Pd selaku koordinator Kabupaten (Korkab) Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM), Penetapan ini yang pertama dari lima Kecamatan se Kabupaten Pali, yang baru melaksanakan yaitu Kecamatan Penukal.
“Musyawarah penetapan SDGs Desa Tingkat Kecamatan yang dilaksakan ini yang pertama se kabupaten, semoga kecamatan lain dapat segera melaksanakan, kerena ini sudah memasuki bulan Perencanan” Kata Korkab Pali.

Berita ini 105 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kiat Dusun Purwobakti Jambi Sukses Bangun Desa Literat

Kabar Desa

Kades Pulosari Salurkan BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2024

Kabar Desa

75 Warga Karangjaya Terima Sertifikat PTSL Gratis

Kabar Desa

Masyarakat Rejosari Pringsewu Bergotong Royong Bongkar Balai Pekon

Kabar Desa

Pekon Waluyojati Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Konten Kreator YouTube

Kabar Desa

Sedekah Desa Purisemanding, Rajut Kerukunan Antar Warga

Kabar Desa

Tentang Hari Lembaga Sosial Desa yang Diperingati Setiap 5 Mei

Kabar Desa

Wali Nagari Limbanang Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di Kalangan Muda