Home / Kabar Daerah

Jumat, 26 April 2024 - 08:34 WIB

Menko PMK, Dorong Pemerintah Daerah Optimalkan Sosialisasi Mitigasi Bencana*

Wawan Hermawan - Penulis

TvDesa,- PADANG — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong daerah mengoptimalkan sosialisasi mitigasi bencana terhadap seluruh masyarakat di daerah rawan bencana. Menurutnya, itu bertujuan untuk meminimalisir resiko.

“Sosialisasi mitigasi harus digencarkan, agar masyarakat paham resiko. Itulah salah satu tugas Pemerintah Daerah untuk meminimalisir dampak bencana,” tegas Muhadjir.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Seminar Nasional Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2024 di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga |  KPPN Kotabaru Salurkan Dana Desa Tanah Bumbu Tahap Pertama

Menurutnya, potensi bencana bisa dideteksi, tapi kapan akan terjadi, tidak dapat dipastikan. Sehingga kesiapsiagaan menjadi sangat penting.

“Sebagian besar bencana alam di Indonesia terjadi secara berulang, seperti lonsor, banjir, erupsi. Masing-masing daerah harusnya dapat lebih siap dalam penanganannya,” tukuknya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebut selama ini pihaknya telah melakukan sosialisasi mitigasi secara masif. Bahkan pada setiap zona rawan sudah didirikan plang penanda.

Menurutnya, adanya kesadaran masyarakat akan resiko bencana di Sumbar. Berhasil menekan jumlah korban akibat bencana yang melanda 5 kabupaten kota di Sumbar pada awal maret lalu.

Baca Juga |  Pilkades Serentak Malaka, 4 Desa Absen Ikut

“Kita bersyukur, tidak banyak korban jiwa akibat bencana banjir dan lonsor mengepung Sumbar awal maret lalu. Itu karena, masyarakat kita sudah cerdas dan sudah sadar bencana,” kata Mahyeldi.

Berdasarkan data BNPB, sebanyak 28 orang meninggal serta 5 orang hilang akibat banjir dan longsor di Sumatera Barat pada Kamis 7 Maret 2024 lalu. (adpsb/ ** / H)

Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Wagub Audy Paparkan Komitmen Pemprov untuk Keberlanjutan Pembangunan di Sumbar*

Kabar Daerah

FTBM Demak Peringati Hardiknas 2024 Dengan Halal Bihalal Idu lfitri

Kabar Daerah

FKDT Karangjambu Tingkatkan Koordinasi Wujudkan Optimasi Layanan Pendidikan Agama

Kabar Daerah

133 Pelaku Usaha di 6 Desa Wisata, Terjaring Sertifikasi Halal di Banyumas

Kabar Daerah

KOPINO Maskot Pilkada Kabupaten Bone Bolango Tahun 2024

Kabar Daerah

Penuhi Target, Angka Prevalensi Stunting Kecamatan Kaligondang dibawah 10 Persen

Kabar Daerah

KPU Bone Bolango Tetapkan 25 Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Pada Pemilu 2024.

Kabar Daerah

Peringati Hari Otda XXVIII, Sumbar Bagikan Penghargaan Kab Kota Berprestasi